vivo Y12s 2021 Rilis dengan Snapdragon 439, Harga Rp2 Jutaan – Sera-Tech

  • Share
vivo Y12s 2021
Vivo Y12s 2021 Rilis Dengan Snapdragon 439, Harga Rp2 Jutaan

Siklus pembaruan smartphone saat ini memang kian singkat. Dari yang umumnya diperbarui tiap satu tahun sekali, kini beberapa merek memilih untuk memotongnya hingga hanya 6 bulan saja. Dengan begitu, setiap tahun bisa ada dua kali pembaruan. Termasuk salah satu produsen dari BBK Corporation, dengan vivo Y12s 2021.

Bila iTech friends ingat, smartphone ini pertama kali diperkenalkan pada bulan November 2020 kemarin. vivo Y12s hadir dengan baterai dan layar yang besar untuk segmen harganya, yang masih dikisaran sejutaan. Kini vivo Y12s 2021 membawa sedikit peningkatan yang bisa dianggap minor—mungkin itulah alasan namanya masih tetap.

Bahkan secara desain dan opsi warnanya pun masih sama persis. Menggunakan efek warna gradien pada bodi belakangnya, smartphone murah vivo satu ini punya ketebalan 8,41mm dengan bobot 191 gram. Terlihat bersih alias hanya ada logo dan modul kamera, sensor sidik jarinya telah disematkan di bodi kanan, menyatu dengan tombol power.

Baca juga: vivo V21 Series 5G Bawa Peningkatan Kamera, Punya Stabilisasi OIS Depan & Belakang

Peningkatan Spesifikasi vivo Y12s 2021

vivo Y12s 2021

Lantas apa saja perbedaan yang dibawa oleh vivo Y12s 2021 bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya? Ada tiga yang utama, yaitu chipset, perangkat lunak yang dijalankan serta opsi memori yang ditawarkan. Sisanya sama persis, termasuk layar depannya yang memiliki bentang seluas 6,51 inci. Masih gunakan desain waterdrop notch dengan resolusi HD+.

Dalam notch tersebut, disematkan sebuah kamera beresolusi 8MP yang juga bisa dimanfaatkan sebagai opsi face unlock. Sementara pada bodi belakangnya, meski terlihat seolah ada dua sensor, sejatinya vivo Y12s 2021 hanya memiliki dua sensor saja. Yang utama dalah 13MP dengan dukungan AI, lalu ditambah sensor 2MP untuk hasilkan efek potret natural.

Kalau tahun sebelumnya menggunakan MediaTek Helio P35 octa-core yang juga digunakan di OPPO A15s, vivo Y21s 2021 pindah haluan ke Qualcomm. Pakai Snapdragon 439, opsi penyimpanannya kini hanya satu varian saja, setidaknya yang muncul di Vietnam. Yaitu kapasitas RAM 3GB serta penyimpanan internal 32GB yang tentunya bisa diekspansi lewat kartu microSD.

vivo Y12s

Perbedaan lainnya adalah versi Android yang dijalankan. Sudah tergolong umum memang, bila smartphone Android kelas entri sangat jarang mendapatkan pembaruan, alias harus menunggu seri baru. vivo Y12s 2021 sudah diperbarui dengan Android 11, jalankan tampilan antarmuka FuntouchOS 11. Cukup banyak fitur yang dibawa untuk tingkatkan pengalaman penggunaan.

Beberapa di antaranya adalah iManager yang bisa melakukan pengecekan ‘kesehatan’ smartphone, seperti sesampahan dan malware. Lalu AI Album dapat menyortir foto dan video otomatis. Sementara Multi-Turbo 3.0 bakal tingkatkan pengalaman bermain gim, dipasangkan dengan Game Assistant untuk optimalkan hardware dan cegah notifikasi mengganggu. Lengkap meski tak diunggulkan sebagai smartphone gaming.

Untuk menopang segala keperluan tersebut, disematkan baterai 5,000 mAh yang, sayangnya, masih menggunakan interface micro-USB. Pun dengan sistem pengecasannya yang masih 10W. Setidaknya, ada opsi untuk mengisi daya perangkat lain lewat dukungan reverse charging 5W, menggunakan kabel USB OTG terpisah.

Harga vivo Y12s 2021 di Vietnam

vivo Y12s 2021

Hadir dalam opsi warna Mysterious Black dan Ice Blue, vivo Y12s 2021 pertama kali debut di Vietnam secara daring, melalui salah satu situs e-dagang yaitu FPTShop. Harganya sendiri dibanderol VND3,290,000, atau bila dirupiahkan menjadi Rp2,05 jutaan. Sedikit mahal untuk spesifikasi yang diusung.

Sementara di Indonesia sendiri, saat ini vivo Y12s generasi sebelumnya yang pakai Helio P35 bisa ditemukan di harga sekitar Rp1,8 jutaan. Bila memang harganya bakal sama, maka masih sah-sah saja untuk menjadi pilihan konsumen yang memang inginkan smartphone vivo terbaru dengan harga terjangkau.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *