umma Hadirkan Fitur uVoice & Kompetisi Syiar Digital Ramadan 1442H

  • Share
Umma Hadirkan Fitur UVoice & Kompetisi Syiar Digital Ramadan 1442H
Umma Hadirkan Fitur UVoice & Kompetisi Syiar Digital Ramadan 1442H

Memasuki bulan Ramadan, tentunya aplikasi smartphone yang bakal mengalami peningkatan dalam jumlah unduhan serta intensitas penggunaan tentunya adalah aplikasi terkait ibadah. Mulai dari pengingat shalat sampai penunjuk kiblat maupun baca Al-Quran. umma sebagai salah satunya hadirkan uVoice serta beragam fitur lain lewat pembaruan aplikasi mereka.

Mengedepankan keutamaan bulan suci Ramadan, umma ingin mengajak masyarakat musim di Indonesia menjadi umat yang lebih baik lewat tagar “#CobaDuluAja”, memaksimalkan ibadah di rumah lewat teknologi digital. uVoice sendiri adalah sebuah fitur podcast yang diluncurkan khusus pada Ramadan 1442H ini, bakal diisi dengan konten yang tentunya terkait dengan cara upgrade diri dan iman.

Dalam sebuah acara peluncuran virtual, Indra Wiralaksmana selaku CEO & co-founder umma mengatakan bila layanan tersebut hadir sebagai salah satu cara mendukung momen upgrade diri. Di dalamnya bakal ada podcast dari beragam pendakwah, komunitas, masjid dan kreator konten dengan topik yang variatif dan informatif.

Baca juga: Umma Rilis uClass, Platform E-learning untuk Belajar Agama dengan Tarif Premium

Fitur uVoice Beri Kesempatan Kreator Sampaikan Kajian Islam

umma uVoice

“Konten-konten podcast dikemas secara menarik dan asyik untuk disimak di mana pun dan kapan pun. Selain sebagai solusi dalam mendukung umat Islam menjadi musim yang kebih baik melalui konten-konten podcast, uVoice juga bertujuan untuk menjawab kebutuhan pendakwah dan kreator konten muslim lain dalam perluas jangkauan syiarnya,” jelas Indra.

Dari sebuah penelitian yang diadakan olehg Alvara Strategic Research pada 2019 denegan judul “Indonesia Moslem Report”, diketahui bila sebanyak 78% umat Islam Indonesia lintas generasi masih jadikan Ustaz dan Ulama sebagai sumber info keagamaan utama. Oleh karena itu fitur fitur uVoice hadir untuk mudahkan pengguna mendengarkan berbagai macam materi keislaman.

umma uVoice infaq

Untuk beri pendapatan bagi para kreator konten, podcaster di uVoice bisa manfaatkan fitur infaq di dalamnya, selain berikan fitur untuk bangun komunitas lewat cara follow. Hingga awal April 2021, sudah ada lebih dari 300 konten yang terbagi dalam 4 kategori utama; Kajian Keislaman, murottal Al-Quran, Masjid dan topik non-kajian seperti gaya hidup muslim.

Aplikasi umma sendiri telah diunduh oleh lebih dari 10,8 juta pengguna. Dengan begitu, setiap kreator konten dann lebih dari 50 masjid yang sudah tergabung dan manfaatkan fitur uVoice berpeluang besar untuk dapat membangun komunitas mereka secara efektif.

Langsungkan Kompetisi Syiar Digital, Capai 600 Peserta

Koferensi Pers umma 15 April

Selain hadirkan fitur uVoice, umma juga teruskan komitmen untuk tingkatkan kapabilitas pendakwah dan kreator konten muslim di era digital. Dengan hadirkan kompetisi Syiar Digital Indonesia 2021, berjalan sejak Februari sampai Mei 2021 mendatang. Dengan tema “Cakap Digital, Cermat Bersyiar”, dibuka untuk masyarakat umum.

Lewat kompetisi ini, umma telah berhasil menjaring masyarakat dengan total peserta melebihi 600 orang, dari berbagai kota di Indonesia termasuk luar Indonesia. Finalisasi atau babak akhir dari kompetisi tersebut adalah berikan kesempatan kembangkan podcast masing-masing menjadi konten uVoice, sebagai salah satu kriteria penilaian kompetisi.

Harapan dari kompetisi tersebut adalah berikan kesempatan bagi para peserta agar mendapatkan eksposur dan jangkauan pendengar yang lebih luas. “Pengembangan fitur syiar digital uVoice saat ini hadir sebagai kelanjutan dari kesuksesan berbagai fitur lainnya di aplikasi umma, yang mendukung para kreator konten untuk sebarkan syiar dengan skala yang lebih masif,” tutup Indra.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *