Tren Aset Kripto Melonjak, Indodax Raih 3 Juta Pengguna Aktif

  • Share
Tren Aset Kripto Melonjak, Indodax Raih 3 Juta Pengguna Aktif
Tren Aset Kripto Melonjak, Indodax Raih 3 Juta Pengguna Aktif

Bursa Efek Indonesia (BEI) melaporkan perdagangan di pasar saham sejak awal April 2021 merosot. Nilai transaksi harian hanya  kisaran Rp 9 triliun. Padahal pada Januari 2021, nilai transaksi harian bursa bisa menembus level Rp 20 triliun. Disinyalir, banyak investor ritel yang beralih ke aset kripto lainnya dengan memakai platform exchange seperti Indodax dan lainnya.

Hal ini setidaknya terlihat dari investasi mata uang kripto salah satunya Bitcoin justru makin cemerlang yang tembus Rp 900juta. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa para investor mulai hijrah dari investasi saham ke mata uang kripto.

Indodax, platform penyedia jual beli (exchange) aset kripto pun mendapatkan limpahan pengguna baru. Hari ini (16/4), mereka melaporkan jumlah member menjadi 3 juta orang member aktif. Padahal pada November 2020, jumlah penggunanya baru mencapai 2,1 juta.

Penyebab penambahan jumlah member Indodax

Oscar Darmawan, CEO Indodax
Oscar Darmawan, CEO Indodax

Menurut perusahaan, penambahan jumlah member tersebut karena efek dari meningkatnya harga Bitcoin dan aset kripto secara fantastis. Hampir seluruh top aset kripto mencatatkan rekor all time high (harga tertinggi sepanjang sejarah). Di antaranya ialah Bitcoin, Ethereum, BNB, DOGE, Tron, Bittorrent dan lain-lain.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan bahwa meningkatnya jumlah member karena masyarakat Indonesia yang saat ini sedang hype Bitcoin dan kripto. Fenomena ini terjadi di seluruh dunia dan bukan hanya di Indonesia.

“Jumlah member terus meningkat dari tahun ke tahun. Indodax sudah memilikii 3 juta member aktif. Meski Indonesia hanya menyumbang 1% volume transaksi Bitcoin dari seluruh dunia. Tetapi ini menandakan bahwa orang-orang Indonesia sudah mulai banyak yang menggemari Bitcoin dan aset kripto lain,” kata Oscar dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (16/4).

Deretan Program untuk tingkatkan pelayanan

Di usianya yang ke-7 ini dan dalam rangka memiliki 3 juta member aktif, mereka akan menyiapkan banyak program untuk para komunitas aset kripto. Misalnya telah mengadakan Trading Contest pada Maret 2021 lalu dan Photo Contest yang saat ini masih berlangsung.

Tak terbatas hanya untuk komunitas kripto saja, perusahaan bursa aset kripto pertama di Indonesia ini juga akan melanjutkan event tahunan Indodax Short Film Festival (ISFF) 2021 untuk para komunitas film. Selain itu, juga akan ada event menarik lainnya, seperti lomba menulis dan lain-lain.

“Semuanya kita siapkan untuk menyasar komunitas di Indonesia. Tak terbatas hanya kepada komunitas kripto saja. Karena kita ingin membangun semangat anak milenial di Indonesia, terutama pada saat pandemi ini,” jelasnya.

Di samping itu, Oscar Darmawan juga menjelaskan tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan menghadirkan Bitcoin dan altcoin, serta teknologi Blockchain.

Selain itu, Indodax juga hadir untuk meningkatkan literasi keuangan digital masyarakat Indonesia. “Karena ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” tutup Oscar Darmawan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *