Top 10 HP Sony Jadul [Android] yang Masih Worth it di 2021

  • Share
Top 10 HP Sony Jadul [Android] Yang Masih Worth It
Top 10 HP Sony Jadul [Android] Yang Masih Worth It

Ponsel merek Sony dari dulu memang sudah punya penggemarnya sendiri. Semacam fanbase yang setia dengan produk-produk besutan Sony. Sebagai ponsel asal Jepang, dahulu Sony terkenal dengan brand Sony Ericsson lantaran pernah bekerjasama dengan perusahaan terpisah asal Swedia, Ericsson.

Namun akhirnya, pihak Sony justru membeli keseluruhan saham milik Ericsson di tahun 2012 dan mengubah nama perusahaan menjadi Sony Mobile. Hingga kini, Sony telah mengeluarkan banyak seri Android dari yang jadul hingga paling canggih dan populer saat ini.

Nah, bicara soal versi lawas milik, apa saja sih seri hp Sony jadul yang masih layak pakai hingga hari ini? Seberapa recommended untuk dimiliki di tahun 2021 ini, mari simak daftar serinya berikut ini!

10 HP Sony Jadul yang Masih Worth it Dibeli Tahun 2021

Oke ini dia list beserta spesifikasi dari deretan HP Sony jadul yang masih ada di pasaran dan layak untuk kamu beli.

Sony Xperia XZ

hp sony jadul
HP sony jadul_Xperia XZ

Sony Xperia XZ merupakan ponsel keluaran 2016 di bulan Oktober sehingga terbilang jadul. Ponsel ini masih banyak diminati hingga saat ini karena beberapa kelebihan yang dimiliki.

Pertama, ponsel ini memiliki performa yang bagus dengan mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 820 sebagai dapur pacunya dan refresh rate 2,2 GHz.

Untuk grafis sendiri Sony Xperia XZ membekalinya dengan GPU Adreno 530 dan dipadukan dengan RAM 3 GB. Penyimpanan ponsel menyediakan memori internal berkapasitas 32 GB dan 64 GB. Ponsel ini juga menyediakan slot tambahan memori eksternal hingga berkapasitas 256 GB.

Sistem operasi yang dijalankan oleh Sony Xperia XZ menggunakan Andorid 6.0 atau Marshmallow. Ponsel ini juga dilengkapi dengan antar muka yang dibuat khusus oleh Sony dengan nama Xperia Home yang dapat memudahkan user interface dalam pengoperasian ponsel. Sistem operasi yang dimiliki pun dapat di update menjadi Android 8.0 atau Oreo.

Dari segi layar, salah satu HP Sony jadul android ini memiliki dimensi layar sebesar 5,2 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel. Layar pun sudah dilengkapi dengan pelindung layar menggunakan Corning Gorila Glass untuk melindungi dari berbagai macam goresan.

Sony Xperia XZ juga didukung teknologi Triluminos Display dan X-Reality Engine yang memiliki fungsi pada tampilan yang lebih nyata dan halus. Dan tak lupa, ponsel ini menggunakan panel IPS pada layar yang memiliki kelebihan pada performa yang lebih stabil.

Kelebihan lainnya terletak pada desain ponsel yang memiliki bodi yang terlihat lebih kokok karena terbuat dari bahan alumunium. Ponsel ini pun tahan akan air dan debu karena sudah bersertifikat IP68. Ponsel ini memiliki 4 varian yang dapat dipilih yaitu platinum, mineral black, deep pink dan forest blue.

Berat ponsel ini sebesar 161 gram dan memiliki dimensi ponsel 146 x 72 x 8,1 mm yang nyaman digenggam dengan satu tangan. Tampilan layar depan dilengkapi dengan kamera depan yang letaknya berada di samping logo Sony.

Kamera depan memiliki resolusi 13 MP yang memiliki kualitas bagus untuk foto selfie. Kamera depan juga mampu menghasilkan video Full HD 1080 piksel. Sedangkan kamera belakang yang melengkapi tampilan bekalang ponsel ini memiliki resolusi kamera 23 MP.

Kamera belakang dibekali dengan teknologi Triple Image Sensing BIONZ dan Predictive Hybrid Autofocus yang dapat mengambil foto dengan cepat. Tak hanya itu, kamera belakang memiliki kemampuan yang paling baik pada Low-Light photo dengan ISO hingga 12800. Dan kelebihan lainnya, kamera belakang mampu menghasilkan video beresolusi 4K dengan 30 fps.

Sony Xperia XZ memiliki spesifikasi tinggi di berbagai  aspeknya, namun baterai yang terpasang pada ponsel ini memiliki kapasitas yang kecil. Kapasitas beterai hanya sebesar 2.900 mAh dengan tipe Li-Ion.

Baterai mampu bertahan kurang lebih sekitar 6 jam 40 menit dalam pemakaian sehari-hari. Walupun kapasitas baterai yang dimiliki kecil, ponsel ini diusung dengan pengisian daya cepat dengan daya 18W. Harga yang dibanderol saat ini sekitar 1 juta rupiah dengan harga terendah yaitu Rp 983. 000 di e-commerce Tokopedia.

Silahkan lihat dan bandingkan HP Sony jadul ini

Sony Xperia Z3

hp sony jadul
HP Sony jadul_Xperia Z3

Sony Xperia Z3 termasuk HP Sony jadul berbasis Android yang masih dicari oleh penggemar Sony. Ponsel ini dibekali prosesor Quad-core Krait 400 dengan refresh rate 2,5 GHz  yang dipadukan dengan RAM 3 GB.

Untuk menyokong performa ponsel, penyimpanan ponsel ini memiliki kapasitas memori internal 32 GB dengan tambahana slot memori eksternal hingga berkapasitas 128 GB. Sistem operasi yang dijalankan ponsel ini menggunakan Android  4.4.4 Kitkat.

Layar yang terpasang pada Sony Xperia Z3 memiliki  ukuran 5,2 inci dengan kerapatan layar hingga 424 piksel. Resolusi yang dimiliki pun cukup bagus yakni 1920 x 1080 dan Anda dapat menikmati konten video dengan resolusi Full HD.

Spek lainnya yang dimiliki ponsel ini yaitu pada segi kamera yang memiliki resolusi hingga 20.7 MP yang terdapat pada kamera belakang. Dengan resolusi tersebut, hasil yang didapatkan pun akan sangat bagus dan berkualitas. Untuk kamera depannya memiliki resolusi 2.2 MP.

Ponsel ini juga dibanderol dengan cukup murah yakni sekitar 1 juta rupiah dengan harga yang paling rendah Rp 879.000 di Lazada.

Silahkan lihat dan bandingkan HP Sony jadul ini

Sony Experia X Compact

hp sony jadul
HP sony jadul_Xperia X Compact

Sony Xperia X Compact juga salah satu incaran penggemar Sony, walaupun ponsel ini tergolong jadul. Ponsel ini diusung dengan prosesor Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 sebagai dapur pacunya. Sistem operasi yang digunakan pada ponsel ini yaitu Android versi 6.0.1 alias Marshmallow dan Sony juga berencana untuk meng-upgrade menjadi versi 7.0 atau Nougat.

Ponsel ini dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 32 GB dengan RAM 3 GB dan juga disediakan slot memori tambahan hingga 256 GB. Anda tidak khawatir untuk mengunduh banyak aplikasi atau menyimpan berkas pada ponsel Anda dengan kapasitas yang lumayan besar.

Dari segi kamera, Sony Xperia X Compact memiliki resolusi kamera yang cukup besar untuk kamera depan yakni 5 MP, sedangkan kamera belakang memiliki resolusi 23 MP. Untuk layar, seri HP sony jadul ini memiliki ukuran layar sebesar 4,6 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel. Dengan resolusi tersebut hanya bisa menampilkan gambar dengan resolusi HD.

Kapasitas baterai yang bisa menemani Anda seharian sebesar 2700 mAh dengan tipe baterai Li-Ion. Baterai ponsel akan bertahan selama 14 jam untuk pemakaian jaringan 3G dan bertahan dalam keadaan stand-by dengan jaringan 3G selama 750 jam. Ponsel ini dibanderol dengan harga cukup murah yaitu Rp 760.000 di e-commerce Tokopedia.

Silahkan lihat dan bandingkan HP Sony jadul ini

Sony Xperia Z1

hp sony jadul
HP Sony jadul_Xperia Z1

Sony Xperia Z1 ini juga menjadi salah satu pilihan nih untuk para penggemar sony. Ponsel ini dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 880 dengan refresh rate 2.2 GHz. Ponsel ini juga memiliki RAM sebesar 2 GB dengan memori internal sebesar 16 GB dan tambahan slot memori eksternal yang berkapasitas hingga 64 GB.

Sistem operasi yang dijalankan Sony Xperia Z1 menggunakan Android 4.2.2 Jelly Bean. Layar yang terpasang pada ponsel ini memiliki ukuran 5.0 inci dengan kerapatan sebesar 441  piksel. Anda dapat menikmati konten video bersolusi Full HD 1920 x 1080.

Untuk fasilitas kamera, Sony Xperia Z1 memiliki resolusi 20.7 MP untuk kamera belakang dan untuk kamera depan beresolusi 2 MP. Kamera belakang juga dilengkapi fitur LED flash untuk menambah cerah hasil jepretan foto.

Baterai pada seri HP sony jadul ini mampu bertahan selama 15 jam dengan pemakaian sehari-hari menggunakan jaringan 3G. Bila dalam posisi stand-by baterai akan mampu bertahan selama 850 jam dengan posisi jaringan 3G. Sony Xperia Z1dibanderol dengan harga sekitar 1 juta dan harga termahal yang dijual di toko online sekitar Rp 2 juta.

Silahkan lihat dan bandingkan HP Sony jadul ini

Baca juga: TOP 8! HP Sony Harga 2 Jutaan Terbaik dan Berkualitas

Sony Xperia Z3 Compact

hp sony jadul
HP sony jadul_Xperia Z3 Compact

Sony Xperia Z3 Compact masih dari series compact yang masih disukai para penggemar  Sony. Sama seperti series sebelumnya, ponsel ini juga termasuk waterproof. Bila Anda tertarik ponsel ini dibekali dengan Quad-core dan refresh rate 2.5 GHz Krait 400.

Sistem operasi yang dijalankan menggunakan Android versi 4.4.4 KitKat dengan dipadukan RAM 2 GB. Untuk menyokong performa, kapasitas memori internal sebesar 16 GB dan tamabahn slot memori eksternal hingga 64 GB.

Tak hanya itu, kapasitas baterai mampu bertahan selama 14 jam untuk pemakaian sering dengan jaringan 3G dan posisi stand-by selama 920 jam.

Sony Xperia Z3 Compact memiliki ukuran layar 4,6 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan kerapatan piksel 319 ppi. Anda masih bisa menikmati konten video dengan resolusi HD.

Kualitas kamera pada ponsel ini terbilang cukup bagus dengan resolusi kamera belakang 20,7 MP dan kamera depan dengan resolusi 2 MP. Untuk ukuran ponsel jadul yang berbasis Android sudah cukup tinggi kualitas kamera yang dimiliki.

Series Z3 Compact ini memiliki harga yang paling rendah dari series atau varian lainnya. Harga terendah yang dijual pada toko online untuk seri HP sony jadul ini hanya sekitar 500 ribu dan harga tertinggi sekitar 1 juta rupiah.

Silahkan lihat dan bandingkan HP Sony jadul ini

Sony Xperia Ion

hp sony jadulhp sony jadul
HP Sony jadul_Xperia Ion

Sony Xperia Ion merupakan ponsel android milik Sony yang rilis pada bulan September 2012. Ponsel ini adalah salah satu ponsel flagship pada masanya dengan memiliki keunggulan pada konektivitas 4G LTE yang saat itu belum banyak dimiliki ponsel lainnya.

Ponsel ini diusung dengan chipset dual- core Qualcomm MSM8260 Snapdragon yang memiliki refresh rate hingga 1,5 GH. RAM yang memiliki kapasitas 1 GB dengan GPU Adreno 220. Dan sistem operasi yang dijalankan adalah Android versi 2.3.7 atau Gingerbread yang terbilang rendah dengan ponsel merek lain yang sudah menggunakan versi 4.0.

Sony Xperia Ion hadir dengan layar yang besar dengan ukuran 4,55 inci dan resolusi layar HD dengan kerapatan pixel hingga 323 ppi. Desain yang melengkapi yakni memiliki bodi bingkai ponsel berbahan plastik yang glossy dengan warna hitam dengan ketebalan ponsel sekitar 11 mm.

Sedangkan bagian ponsel berbahan brushed metal dan untuk bagian atas dan bawah ponsel terbalut dengan bahan karet yang memiliki warna senada dengan bodinya. Tampak depan ponsel terdapat deretan soft keys yang memiliki beberapa fungsi menu seperti home, return dan search dan kamera depan dengan resolusi 1,3 megapixel.

Untuk bagian belakang terdapat kamera dengan resolusi 12 megapixel dan grill yang menyembunyikan bagian speaker. Hasil yang didapatkan oleh kamera belakang lumayan bagus dengan pixel yang tinggi saat itu.

Salah satu HP sony jadul ini sudah menggunakan teknologi baterai tanam dengan kapasitas 1.900 mAh sehingga tak dapat mengganti baterai seperti ponsel model lama. Bahkan ponsel ini pun sudah dipasang port USB On-The-Go (OTG) yang dapat memudahkan transfer data secara langsung dengan perangkat lain.

Untuk letak SIM dan Micro SD terdapat pada bagian atas ponsel dengan penutup lapis karet dan di bagian samping kartu SIM terdapat jack audio 3.5. Tombol untuk pengaturan suara, kamera dan power terletak pada bagian sisi kanan ponsel.

Sony Xperia Ion dibanderol dengan harga terbaru saat ini sekitar 1,5 juta rupiah.

Silahkan lihat dan bandingkan HP Sony jadul ini

Sony Xperia S

HP sony jadul_Xperia S

Sony Xperia S merupakan ponsel android pertama milik Sony tanpa Ericsson yang rilis sejak Januari 2012. Ponsel ini dikenal dinegara Jepang dengan Sony Xperia NX yang rilis pertama kali di Indonesia pada tanggal 1 Maret 2012.

Ponsel ini dibekali dengan chipset dual-Core Scorpion yang dipadukan dengan RAM 1 GB dan GPU Adreno 220 dengan refresh rate hingga 1,5 GHz. Sistem operasi yang dijalankan pada ponsel ini ialah Android 2.3 alias Gingerbread, namun dapat di upgrade hingga versi 4.0.4 atau Ice Cream Sandwich.

Dari segi layar, ponsel ini memiliki layar Reality Display dengan Mobile Bravia® Engine denga resolusi 720×1280 (HD) dan kerapatan pixel hingga 342 ppi. Sedangkan untuk segi kamera, Sony Xperia S dilengkapi dengan kamera belakang yang  memiliki resolusi 12,1 megapixeldan tambahan LED. Untuk kamera depan sendiri memiliki resolusi 1,3 megapixel dan juga terdapat fitur pengenalan wajah.

Salah satu seri HP sony jadul ini dibekali dengan baterai berkapasitas 1750 mAh dan memori internal hinga 32 GB. Ponsel ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang dibanderol sekitar 1 juta rupiah.

Silahkan lihat dan bandingkan HP Sony jadul ini

Sony Xperia SL

hp sony jadul
HP Sony jadul_Xperia SL

Sony Xperia SL ini rilis pada bulan September 2012 dengan dibekali chipset dual-core Snapdragon yang memiliki refresh rate hingga 1,7 GHz. Chipset Snapdragon ini dipadukan dengan GPU Adreno 220 dan RAM 1 GB.

Layar pada Sony Xperia SL memiliki dimensi 4.3 inci dengan tipe layar LED- backlit LCD. Resolusi yang dimiliki layar seri HP sony jadul ini sudah HD dengan kerapatan pixel hingga 342 ppi. Untuk menambah performa, sistem operasi yang dijalankan sudah menggunakan Android versi 4.0.4 atau Ice Cream Sandwich.

Harga yang dipasarkan sekitar 1 juta rupiah.

Silahkan lihat dan bandingkan HP Sony jadul ini

Sony Xperia M2

hp sony jadul
HP sony jadul_Xperia M2

Sony Xperia M2 ditenagai dapur pacu chipset Qualcomm MSM8226-0 Snapdragon 400 yang dipadukan dengan GPU Adreno 305. Rerfresh rate yang dimiliki hanya 1,2 GHz dengan sistem Android PS versi 4.3 alias Jelly Bean. 

Bila dari segi layar, Sony Xperia M2 dilengkapi dengan layar bertipe TFT capacitive touchscreen dengan resolusi hanya 540×960 pixels. Kerapatan pixel pada layar yakni 229 ppi dengan ukuran layar sebesar 4,8 inci.

 Resolusi kamera yang dimiliki seri HP sony jadul ini hanya 8 MP dengan tambahan fitur LED flash dan autofocus. Untuk kapasitas memori, ponsel ini hanya dibekali dengan 8 GB memori internal dengan RAM 1 GB dan terdapat slot memori eksternal yang memuat kapasitas hingga 32 GB.

Untuk kapasitas baterai cukup besar pada jamannya yakni 2300 mAh dengan tipe baterai Li-Ion. Baterai ini dapat bertahan dalam kurun waktu sekitar 13 sampai 14 jam untuk pemakaian yang cukup sering seperti browsing dan chatting. Harga ang dipasarkan pada saat ini sekitar 700 ribu rupiah.

Silahkan lihat dan bandingkan HP Sony jadul ini

Baca juga: Daftar 10 Hp Sony Terbaru Harga 1 Jutaan

Sony Xperia E1

hp sony jadul
HP Sony jadul_Xperia E1

Sony Xperia E1 juga salah satu ponsel keluaran sony pada tahun 2014. Ponsel ini memiliki dapur pacu dual-core dengan refresh rate 1,2 GHz. Ponsel ini belum support pada jaringan 4G LTE seperti para pesaingnya yang sudah menggunakan jaringan 4G LTE.

Seri HP sony jadul ini memiliki dimensi 118x 62.4 x 12 mm dengan berat ponsel sebesar 122 gram. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android versi Jelly Bean dengan berbekal memori internal 4 GB. Namun juga memiliki slot tambahan yang memiliki kapasitas hingga 32 GB.

Dari segi layar dan kamera, ponsel ini  memiliki resolusi layar yang cukup rendah yakni hanya 480 x 800 pixel. Dimensi layar yang cukup besar yakni 4.0 inci dengan kerapatan pixel 233 ppi. Sedangkan untuk kamera dibekali 15 MP dengan resolusi 2048 x 1536 pixels.

Kapasitas baterai yang dimiliki yaitu 1750 mAh dengan tipe Li-Ion. Harga yang dipasarkan saat ini yaitu 1,1 juta rupiah.

Silahkan lihat dan bandingkan HP Sony jadul ini

Deretan HP Sony jadul di atas jika melihat spek yang ditawarkan jelas masih bisa jadi pilihan yang bagus. Kira-kira pilih yang mana nih? – Editted: 06/04/2021 by Sera-Tech.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *