Spotify Only You, Cara Menggunakan Berbagi Selera Musik ke Teman

  • Share
Spotify Only You
Spotify Only You, Cara Menggunakan Berbagi Selera Musik Ke Teman

Bagi iTech friends yang memang pendengar musik sejati, atau tidak bisa lepas dari musik setiap harinya, terkadang ingin rasanya untuk bagikan beberapa artis favoritnya ke media sosial. Baik Twitter maupun Instagram, untuk temukan teman yang satu frekuensi. Demi permudah keperluan tersebut, Spotify Only You diluncurkan.

Spotify Only You adalah sebuah kampanye global yang dihadirkan oleh platform streaming musik (salah satu) terbesar asal Swedia satu ini. Sejatinya, kampanye atau fitur ini mirip seperti Spotify Wrapped—sebuah metode berbagi ringkasan penggunaan aplikasi yang umumnya muncul tiap akhir dan awal tahun. Menampilkan artis, lagu maupun playlist yang paling sering diputar.

Dalam sebuah rilis dari situs resminya, saat ini Spotify telah memiliki lebih dari 70 juta lagu. Tak hanya itu, podcast kini juga menjadi bagian yang tak kalah diutamakan. Selain memiliki menu sendiri dan ditampilkan lebih dominan pada halaman awal aplikasi, jumlah episodenya kini sudah mencapai lebih dari 2,6 juta.

Baca juga: Spotify Capai 158 Juta Pelanggan Premium, Perbarui Tampilan Aplikasi

Cara Mudah Pamerkan Selera Musik ke Media Sosial

Spotify Only You

Pihak Spotify juga menilai penggunanya yang kini sudah berjumlah 356 juta, senang untuk menemukan lagu terbaru dengan cara baru, membagikannya dan menikmatinya bersama-sama. Namun mungkin mereka tak tahu bila tiap pengguna memiliki keunikannya masing-masing, menjadi dasar diluncurkannya fitur Spotify Only You.

Sedikit berbeda dari Spotify Wrapped yang harus ‘menunggu’ satu tahun agar hasilnya akurat, Spotify Only You hadir untuk “selebrasikan bagaimana kamu mendengarkan musik”. Data atau statistik yang ditampilkan berbeda, namun tetap dibuat personal dan menyenangkan untuk dibagikan. Dalam format yang sangat pas untuk Instagram Stories, WhatsApp Status atau Facebook Status dalam format potret 16:9.

Selain untuk pengguna biasa, Spotify juga memberikan cara bagi kreator dan penggemar artis tertentu membagikan informasi menarik terkait statistik pendengarnya. Seperti pendengar Doja Cat yang banyak memutar efek suara lumba-lumba (yang umumnya dipercaya membantu agar lebih tenang di jam tidur), atau pendengar Stephanie Soo yang juga banyak mendengar podcast dari Rotten Mango.

Cara Pakai Fitur Spotify Only You

Spotify Only You

Lalu data apa saja yang menarik disajikan lewat Spotify Only You? Tidak kalah banyak dari yang bisa dibagikan tiap tahun. Bagi kamu penggemar astrologi, Spotify bisa tampilkan daftar artis sesuai dengan sun, moon dan risign sign, merepresentasikan kondisi yang berbeda-beda. Kamu juga bisa memilih tiga artis favorit untuk “Dream Dinner Party”, di mana Spotify bakal membuatkan mix khusus dari ketiga artis pilihan tersebut.

Spotify Only You

Kamu juga bisa tahu seberapa acak tahun lagu yang didengar selama ini, lagu jenis apa saja yang umumnya diputar pada waktu tertentu, hingga genre musik maupun topik podcast yang umumnya kamu dengarkan. Spotify Only You juga bisa tampilkan dua pasang artis dengan genre sangat berbeda, tunjukkan keunikan tiap penggunanya dalam mendengarkan lagu sehari-hari.

Belum sempat mencobanya? Kamu bisa mengakses fitur Spotify Only You langsung dari aplikasi. Buka saja aplikasi Spotify dari smartphone, masuk ke menu search, dan opsi akan muncul di bagian atas. Bisa juga dengan membuka halaman berikut ini. Selamat mencoba!

Pengguna Apple Watch Kini Bisa Unduh Playlist

Spotify Apple Watch

Selain meluncurkan fitur Spotify Only You, beberapa waktu lalu pengguna Apple Watch juga dimanjakan dengan hadirnya aplikasi versi baru, khusus untuk jam tangan pintar Apple tersebut. Ada tiga fitur baru yang dihadirkan, di mana fitur utama adalah kemampuan untuk mengunduh playlist maupun lagu favorit. Supaya tak perlu melakukan streaming, bisa mendengarkan langsung dari pergelangan tangan.

Fitur Spotify Connect juga mungkinkan pengguna Apple Watch Series 3 ke atas dengan WatchOS 6.0+ kendalikan musik yang sedang diputar dari Apple TV maupun perangkat lain. Plus, dukungan asisten suara Siri untuk kendalikan lagu hingga berikan jempol atau like. Fitur ini diluncurkan untuk semua pengguna secara global.

Tentunya, dalam proses yang membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu, jadi bila kamu belum mendapatkannya, ditunggu saja ya. Khusus fitur download atau unduh untuk mendengarkan secara luring, dibutuhkan akun Spotify Premium selayaknya mendengarkan dari smartphone.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *