Spek dan Harga HP Meizu M5 2021, Masih Worth it kah Dibeli?

  • Share
Spek Dan Harga HP Meizu M5 2021, Masih Worth It
Spek Dan Harga HP Meizu M5 2021, Masih Worth It

Setelah sebelumnya mengulas tentang Hp Meizu termurah. Kali ini kami akan mengulas tentang Hp Meizu M5 secara lengkap, mulai dari spesifikasi, kelebihan-kekurangan hingga harga terbarunya. Seri Hp meizu yang satu ini sudah lama rilis yakni sejak Oktober 2016.

Walaupun bukan edisi terbaru, Meizu M5 ini masih banyak diminati karena beberapa keunggulanya yang tidak mudah ditemukan di seri lain. Nah, dari sisi harga juga jelas di bawah rata-rata mengingat smartphone asal Tiongkok memang dikenal kompetitif.

Oke, bagaimana soal spesifikasinya, apakah worth it untuk untuk dibeli dengan banderol harga tersebut? Mari kita bahas pelan-pelan ya.

Bodi dan Layar

hp meizu m5

Meizu M5 memiliki bodi simpel dan elegan dengan berbagai warna pilihan yaitu mint green, glacier white, champanage gold, sapphire blue dan matte black. Bagian belakang dan frame Hp nya sendiri berbahan dasar alumunium. Sedangkan bagian depan menggunakan bezel.

Berat Hp ini sebesar 138 gram yang bila digenggam tidak akan membuat pergelangan mudah lelah. Dan dimensi Hp ini yaitu 147.3 x 72.8 x 8.2 mm pun nyaman bila digenggam dengan satu tangan.

Selanjutnya dari segi layar yang diusung dengan tipe IPS LCD dengan ukuran 5.2 inci. Dengan berbekal layar yang cukup lebar akan mendapatkan visual yang penuh dan juga layar yang jernih.

Layar yang terpasang mampu menghasilkan resolusi 720 x 1280 piksel dengan ratio 16:9 dan kedalaman piksel 282 ppi. Dengan resolusi dan kepadatan piksel yang dimiliki mendukung kejernihan pada layar Hp.

Komponen Perangkat Keras [Hadware]

hp meizu m5

Sekarang ke bagian dapur pacunya yang dibekali dengan Mediatek MT6750 dengan fibrika 28 nm. Agar dapur pacunya bekerja lebih optimal maka didukung dengan CPU Octa Core 1,5 GHz Cortex-A53. Selain itu Meizu M5 juga disokong dengan GPU Mali-T860MP2 untuk menghasilkan grafis yang lebih jernih, jelas dan juga tajam.

Untuk Sistem operasi yang berjalan, Meizu M5 menggnakan Android 6.0 atau versi Marshmallow dengan Flyme 6.3. RAM dan memori internal yang dibekali terdapat 2 varian yang bisa Anda pilih yaitu RAM 2 GB/ 16 GB dan RAM 3 GB/ 32 GB. Bila dirasa memori penyimpanan masih kurang terdapat slot untuk memori eksternal dengan kapasitas hingga 128 GB.

Kualitas Kamera

hp meizu m5

HP Meizu M5 masih menggunakan single camera, sebab ditahun 2016 Hp yang sudah memiliki fasilitas dual camera hanya pada smartphone kelas atas. Walaupun hanya memiliki satu buah kamera hasil jepretan dari baik dari kamera belakang atau depan sudah bagus.

Kamera belakang memiliki resolusi 15 MP, sedangkan kamera depan memiliki resolusi 5 MP. Kamera belakang dilengkapi dengan fitur dual LED flas dan autofocus. Dengan begitu tak perlu khawatir jika hasil akan berbayang atau tak maksimal karena minim cahaya.

Untuk kamera depan sendiri dilengkapi dengan fitur beberapa fitur menarik seperti face detection, geo-tagging, dan touch focus. Hasil jepretan selfie Anda akan semakin kece dengan berbagai fitur yang ada. Keduanya sama-sama dapat menghasilkan video dengan resolusi [email protected] Hasil rekamana video akan memiliki tampilan yang lebih tajam, jelas, dan berkualitas.

Fitur Komunikasi dan Sound

Fitur WLAN yang melengkapi pada Hp meizu M5 ini terdapat Wi-Fi 80.11 a/b/g/n, dual band, dan hotspot. Fitur yang lain juga tersedia bluetooth 4.0,A2DP, LE, GPS GLONNAS dan A-GPS, dan microUSB 2.0.

Tak hanya itu Hp ini sudah dilengkapi jenis keamanan fingerprint dan juga terdapat fitur lainnya seperti kompas, akselerometer, gyro, dan proximity. Bagi Anda yang gemar menyambungkan headphone atau headset ke Hp tersedia lubang jack 3.5 mm.

Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai yang dimiliki Hp Meizu M5 yaitu 3070 mAh dengan jenis baterai Li-Ion. Baterai dapat bertahan cukup lama jika digunakan untuk pemakaian normal seperti chatting,browaing atau bermain game.

Harga Jual

Harga yang dibanderol pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2016 lalu sebesar 120 EUR atau sekitar 2 juta rupiah saat itu. Namun untuk harga terbaru tahun 2021 yang dapat Anda temukan seperti di e-commerce sekitar 1,5 juta sampai 1,8 juta. Walaupun sudah lumayan cukup lama Hp ini dirilis harganya masih belum jatuh terlalu jauh.

Dan Hp Meizu M5 ini juga masih banyak diminati oleh para pecinta brand asal Tiongkok ini. Untuk mendapatkan HP ini di toko offline cukup sulit dan jarang dipasarkan karena masyarakat belum banyak mengenal brand Meizu ini. Namun dapat menemukannya dengan mudah di toko online dan harganya pun cukup bersaing.

Kelebihan dan Kekurangan HP Meizu M5

Kelebihan

  1. Layar yang dimiliki cukup besar yaitu 5.2 inci
  2. Layarnya cukup nyaman di mata
  3. Desain bodi cukup simpel dan elegan
  4. Chipset yang membekali cukup bagus sesuai dengan harga yang ditawarkan
  5. Resolusi kamera cukup jernih
  6. Kapasitas baterai besar

Kekurangan

  1. Belum ada pelindung layar atau plindung anti gores.
  2. Belum fast charging
  3. Tidak bisa update sistem operasi ke versi yang terbaru
  4. Tidak ada fitur NFC
  5. Tidak ada fitur radio
  6. Fasilitas kamera masih single camera

Spesifikasi Lengkap Meizu M5

hp meizu m5

Secara spesifikasi umum, seri M5 ini tidak kalah dengan HP Meizu M6 yang rilis satu tahun setelahnya. Berikut detail spesifikasi Meizu M5 yang mungkin bisa Anda jadikan pertimbangan.

Jaringan : GSM/ HSPA/ LTE

SIM : Hybrid dual SIM (Nano-SIM, daul stand-by)

Dimensi Hp : 147.3 x 72.8 x 8.2 mm

Berat Hp : 138 gram

Material : alumunium dan glass

Jenis Layar : IPS LCD

Ukuran layar : 5.2 inci/ 74.5 cm (rasio layar ke bodi 69.5 %)

Resolusi layar : 720 x 1280 piksel, rasio 16 : 9, kedalam piksel 282 ppi

Sistem Operasi: Android 6.0 Marshmasllow, Flyme 6.3

Chipset : Mediatek MT6750 (28 nm)

CPU : Octa- core (4 x 1.5 GHz Cortex-A53 & 4 x1.0 GHz Cortex-A53)

GPU : Mali-T860MP2

Memori Internal : RAM 2 GB/ 16 GB, RAM 3 GB 32 GB

Memori eksternal : 128 GB

Kamera Belakang : 13 MP, f/2.2, PDAF, fitur dual LED flas dan autofocus, video [email protected]

Kamera depan : 5 MP, f/2.0, video [email protected]

Loudspeaker : iya

Lubang jack: iya, 3.5 mm

Fitur : Wi/Fi, dual-band, hotspot, bluetooth, A-GPS, GLONASS, USB, fingerprint, gyro, kompas, akselerometer, proximity

Baterai : non-removable, Li-Ion 3070 mAh.

Warna : mint green, glacier white, champanage gold, sapphire blue dan matte black

Itulah review HP Meizu M5 lengkap dengan spesifikasi yang dimiliki, kelebihan dan kekurangan, dan harga yang dipasarkan sekarang. Walaupun Meizu M5 masuk generasi lama tetapi spesifikasi yang dimiliki masih layak dipakai saat ini dan cukup bersaing dengan Hp keluaran terbaru.

Sebagai tambahan, di bulan Desember 2016 Meizu merilis kembali Meizu M5 dengan tipe Note. Spesifikasi yang diupgrade pada Meizu M5 Note diantaranya pada bodi, layar dan juga baterai. Meizy M5 Note ini memiliki ukuran layar yang lebih besar dan lebih berat. Tak hanya itu sudah dilengkapi dengan fitur fast charging dengan kapasitas 4000 mAh.

hp meizu m5

Setelah merilis Hp Meizu M5 Note, Meizu kembali merilis  M5 dengan tipe s pada bulan Februari tahun 2017. Seri Meizu M5s ini tak jau berbeda dari seri standarnya hanya terdapat beberapa yang terupdate seperti RAM.

Pada versi standar ada 2 RAM yang bisa dipilih, sedangkan Hp Meizu M5s semua varian sudah menggunakan RAM 3 GB. Selanjutnya ada pada sisi baterai yang justru memiliki kapaitas lebih rendah sedikit yaitu 3000 mAh. Namun Hp Meizu M5s ini sudah hadir dengan fitur fast charging seperti M5 Note.

Pada bulan June 2017, Meizu kembali merilis ponselnya dengan mengeluarkan seri M5c. Pada seri ini spesifikasi yang sudah ada sebelumnya malah turun. Ukuran Hp menjadi lebih kecil, resolusi kamera yang juga turun.

Seri HP Meizu M5c hanya tersedia denga 1 varian yaitu RAM 2 GB dan memori internal 16 GB. Fitur fast charging yang sebelumnya terpasang pada seri sebelumnya pun dihilangkan.

Jadi, apakah HP Meizu M5 masih worth it untuk dibeli di pertengahan tahun 2021 ini? Jawabannya tergantung kebutuhan dan budget Anda tentunya. So, putuskan dengan bijak ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *