Review: HP Meizu C9 vs Redmi 9A, Mana yang Terbaik?

  • Share
Review: HP Meizu C9 Vs Redmi 9A, Mana Yang Terbaik?
Review: HP Meizu C9 Vs Redmi 9A, Mana Yang Terbaik?

Hp Meizu C9 mulai diperkenalkan secara resmi pertama kali di Jakarta pada bulan Desember 2018. Dengan hadirnya seri C9 ini, Meizu berharap nama besarnya tidak hilang di ingatan masyarakat Indonesia setelah absen selama 6 bulan. Meski begitu, kemunculannya memang kurang mendapatkan perhatian, sebab berbarengan dengan rilisnya Meizu seri 16th.

Di sisi lain, Meizu mengklaim bahwa seri C9 ini tak kalah hebat dengan Redmi 6A milik Xiaomi yang mana saat itu merupakan HP primadona di segmen low-end.

Memang, nama Meizu tak sepopuler Xiaomi yang sama-sama produk asal negara tirai bambu itu. Akan tetapi, apakah HP Meizu C9 ini benar-benar memiliki produk yang bisa mengalahkan Produsen Xiaomi tersebut?

Untuk mengetahui faktanya, mari kita simak spesifikasi milik Meizu C9 dan kelebihan-kekurangan yang dimiliki.

Penampakan Hardware

HP Meizu C9

Hal yang pertama akan dibahas adalah spesifikasi hardware yang disematkan pada Meizu C9. Dari sisi perangkat kerasm, daya tarik Meizu C9 terdapat pada chipset Unisoc SC9832E sebagai dapur pacunya. Didukung dengan CPU quad-core berkecepatan 1.3 GHz sementara dari sektor tampilan grafis-nya disokong dengan GPU Mali 820MP1.

Meski memiliki spek yang bisa dibilang nanggung, Hp Meizu C9 sudah dibekali sistem operasi Android 8.0 Oreo yang dipadukan dengan antarmuka yang tentunya menjadi ciri khas smartphone premium. Kendati demikian, tak terlalu mengecewakan dengan memiliki grafis yang standar untuk memainkan sebuah game.

Dengan spesifikasi tersebut Hp Meizu C9 ini memang kurang direkomendasikan untuk memainkan game yang memiliki grafis tinggi seperti PUBG, mobile legend atau free fire. Sebab, performa grafis-nya akan menurun jika dipaksa memainkan game tersebut.

Performa chipset HP Meizu C9 ini bila dibandingkan dengan Redmi 9A yang menggunakan chipset Helio A22 sedikit berada dibawahnya. Sedangkan dengan chipset Snapdragon 425 masih bisa dikatakan setara dalam performanya.

Ruang Penyimpanan [Kapasitas Memori]

Selain memiliki dapur pacu yang oke, Meizu C9 ini juga didukung dengan RAM 2 GB untuk menjalankan performa yang lebih maksimal. Ruang penyimpanan atau memori internalnya juga cukup omber dengan kapasitas 16 GB.

Dengan kebutuhan yang semakin banyak akan memori penyimpanan memang bisa dikatakan memori internal segitu belum terlampau besar. Namun, Anda masih bisa ekspansi lagi hingga 128 GB dengan memasukan kartu micro SD.

Desain Eksterior

HP Meizu C9

Melihat desain Meizu C9 memang terlihat sedikit berkelas dengan material bodi menggunakan polycarbonat. Meski berada pada segmen low-end, HP ini memiliki dimensi panjang 146.2 mm x lebar 71.2mm x ketebalan 9.7 mm. Konsep desain yang diusung Meizu C9 yaitu rounding yang nampak klasik dengan bezel yang cukup tebal.

Meskipun HP Meizu C9 masih mempertahankan bezel yang cukup tebal, tetapi tidak ada tombol navigasi yang melengkapi pada bagian atas layar. Untuk tombol volume dan power terletak di bagian kanan HP, sedangkan bagian bawah terdapat lubang charger dan port audio 3.5 mm.

Untuk bagian cover belakang memiliki desain dengan warna drop dan tekstur yang agak kasar. Dengan memasang grip pada bagian belakang akan nyaman saat digenggam. Dan Anda tidak perlu khawatir akan tergelincir dari tangan seperti Hp dengan material kaca atau metal.

Oiya, Meizu C9 bukan termasuk Hp masa kini yang memiliki desain unibodi, sehingga bagian belakang masih bisa dibuka untuk mencopot baterai. Penempatannya pun untuk kartu memori dan SIM berada di bawah baterai dengan ukuran Nano SIM. Jadi memang harus dibongkar pasang.

Layar Display

HP Meizu C9

Meizu C9 dibekali layar dengan konsep fullscreen untuk menyaingi pesaingnya yaitu Xiaomi Redmi 6A. Dengan mengusung konsep tersebut sangat terlihat pada layarnya yang sama sekali tidak adanya notch pada permukaan layar.

HP Meizu C9 mengandalkan layar IPS LCD  yang berteknologi IGZO dengan rasio screen-to-body sebesar 73.6% yang membuatnya cukup luas. Layarnya pun cukup lebar dengan ukuran 5.45 inci dengan menampilkan resolusi HD+ dengan kerapatan piksel hingga 295 ppi.

Kualitas Kamera

Selanjutnya dari segi fotografi yang menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika membeli HP, Meizu C9 dibekali dengan kamera depan beresolusi 8 MP. Resolusi ini termasuk sudah cukup bagus untuk mendapatkan hasil selfie yang keren.

Bahkan resolusi kamera depan Meizu C9 lebih tinggi ketimbang Redmi 9A yang hanya dibekali 5 MP. Untuk mendapatkna hasil selfie yang lebih bagus, terdapat fitur beauty dan fitur Al mode dari ArcSoft.  

Sedangkan untuk kamera utama [belakang], Meizu C9 belum membekali dual camera dan hanya memiliki single camera dengan resolusi 13 MP. Meski hanya satu kamera, hasil jepretan dari kemera belakang terlihat ok dengan beberapa fitur yang dimiliki.

Fitur yang melengkapi kamera utama ini ada autofocus, panorama, burst , Scane, Night mode, Filter QR-mode dan manual. Bila ingin mengambi gambar dengan cahaya yang minim dapat menggunakan fitur flash light dan tambahan mode HDR untuk memperjelas tangkapan gambar.

Kelebihan lainnya, HP Meizu C9 ini mampu menghasilkan jepretan foto potrait dengan efek bokeh atau efek depth of field. Tak hanya itu, kamera utama ini mampu menghasilkan kualitas video [email protected] Rasanya, salah satu HP Meizu termurah di tahun 2018 ini cukup worth it untuk dibeli jika hanya mengincar kualitas kamera.

Kapasitas Baterai

Baterai Meizu C9 ini memiliki kapasitas yang standar yakni sebesar 3000 mAh dengan tipe baterai Li-Ion. Meski kapasitas baterainya standar, Meizu C9 ini memiliki fitur untuk penghemat baterai. Anda bisa memilih mode baterai untuk Power Low Mode, Smart Saving Mode dan Ultra Saving Mode. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

Jika dilihat dari pemakain standar untuk sehari-hari Meizu C9 bisa bertahan selama pemakaian full seharian. Anda dapat melakukan aktifitas seperti chatting, browsing internet, bermain media sosial, ataupun bermain game. Sedangkan dalam posisi stand-by, Meizu dapat bertahan selama lima hari. 

Spesifikasi Lengkap Hp Meizu C9

Info Dasar

Kategori                      : HP

Brand                          : Meizu

Series                          : C9

Rilis                             : Desember 2018

Network                      : GSM, HSPA, LTE

Hadware

Prosesor                       : Unisoc SC9832E

CPU                            : Quad core 1.3 GHz Cortex-A53

GPU                            : Mali-820MP1

OS Version                  : Android 8.0 Oreo, Flyme UI

Design

Dimensi                       : 146.2 x 71.2 x 9.7 mm

Material                       : Polycarbonate

Berat                           : 150 gram (5.29 oz)

SIM Slot                      : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Tipe Sim                     : Nono SIM

Warna                          : Black, Blue

Layar

Size                             : 5.45 inci, 76.7 cm2 (73.6% rasio screen-to-body)

Jenis                            : IGZO IPS LCD

Resolusi                       : 720 x 1440 piksel, rasio 18:9 (295 ppi density)

Touch Screen              : ya

Memori

RAM                           : 2 GB

Internal                        : 16 GB

Eksternal                     : microSD hingga 128 GB

Kamera Belakang

Jumlah kamera            : 1

Resolusi                       : 13 MP, f/2.2,1/3.1”, 1.12m, AF

Fitur                            : LED flash, panorama

Video                          :[email protected]

Kamera Depan

Jumlah kamera            : 1

Resolusi                       : 8 MP

Fitur                            : tidak ada

Video                          : tidak ada

Konektivitas

Bluetooth                    : 4.1, A2DP, LE

Wlan                            : Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

Infrared                       : tidak ada

NFC                            : tidak ada

GPS                             : A-GPS, GLONASS

USB                            : microUSB 2.0

Audio                          : port jack 3.5 mm

Baterai           

Jenis                            : Li-Ion, removable

Kapasitas                     : Removable 3000 mAh

Wireless Charging      : tidak ada

Fitur Lainnya

Sensor                         : Face Unlock, Accelerometer, proximity, compass

Waterproof                  : tidak

Kelebihan dan Kekurangan HP Meizu C9

HP Meizu C9

Kelebihan

  • Layar cukup lebar
  • Kapasitasn baterai cukup besar
  • Sudah dilengkapi fitur keamanan face unlock
  • Harga yang pas dikantong

Kekurangan

  • Masih single camera
  • Belum dilengkapi baterai tanam
  • Tidak fast charging
  • Tidak mendukung NFC
  • Tidak waterproof
  • Tidak dilengkapi pelindung layar
  • Masih menggunakan bahan polycarbonates

Baca juga: Review Lengkap HP Meizu M5 dan Harga Terbarunya

Bagaimana menurut Anda apakah Meizu C9 ini lebih baik dari Xiaomi Redmi 9A? Berdasarkan spesifikasi yang dibawa oleh HP Meizu C9 secara lengkap beserta kelebihan dan kekurangannya.

Bila Anda tertarik dengan HP asal tiongkok ini, Anda cukup merogoh kocek sekitar 800.000 ribu saja. HP Meizu tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan biru. Anda dapat menemukan HP Meizu C9 ini di berbagai e-commerce seperti Shoppe, bukalapak, tokopedia dan lain-lain

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *