Review HP Lava Iris 88 Terbaru | Spesifikasi dan Harga 2021

  • Share
Review HP Lava Iris 88 Terbaru | Spesifikasi Dan Harga
Review HP Lava Iris 88 Terbaru | Spesifikasi Dan Harga

Lava sebagai salah satu vendor smartphone terkenal belum lama ini membuat seri HP canggih dengan spesifikasi tinggi berbanderol harga relatif murah. Salah satunya ialah HP Lava Iris 88 yang dinilai oleh sebagian orang sebagai HP dengan spesifikasi tinggi namun harganya terbilang murah.

Terlebih lagi, HP Lava Iris 88 ini mampu menampilkan full view pada display yang seringkali jadi daya tarik para pecinta gadget modern saat ini. Lava Iris 88 ini sendiri hadir di Indonesia dengan 2 varian yakni RAM 1 GB dan 2 GB.

Selain menghadirkan layar penuh dan tersedia 2 varian RAM, smartphone ini memiliki fitur dan design yang sama. Desain yang modis dan nampak elegan dengan 2 pilihan warna yaitu black dan gold membuat customer jadi punya opsi pembelian yang lebih.

Harga yang ditawarkan untuk bisa membawa pulang HP Lava Iris 88 ini juga terbilang sangat murah, yakni hanya sekitar 1,2 juta rupiah saja.

Nah, apakah dengan harga yang murah akan memiliki speksifikasi yang murahan juga? Mari kita simak berikut ini untuk melihat spesifikasi lengkapnya dan apa saja kelebihan kekurangan yang dimiliki.

Layar HP Lava Iris 88 yang jernih

hp lava iris 88

HP Lava Iris 88 yang hadir di Indonesia memang diperuntukan pada segmen kelas bawah. Walaupun memiliki harga yang murah, smartphone ini hadir dengan design yang premium dan fitur-fitur terkini yanng canggih.

Buktinya, Lava Iris mampu menghadirkan clear full display dengan bezel yang tipis  yang diminati oleh banyak orang. Layar yang cukup lebar dengan ukuran 5,45 inci dengan ketebalan yang tipis yakni hanya 8 mm. Resolusi layar pun sudah cukup tinggi dengan resolusi HD 720 x 1480 yang menampilkan pengalaman visual yang menyenangkan.

Memiliki resolusi tinggi akan membuat tampilan menjadi terlihat lebih nyata dan jelas. Dengan spesifikasi layar yang diusung sepadan dengan harga yang ditawarkan dan membuat smartphone ini tampak luar biasa.

Kekurangan memiliki layar yang cukup lebar, akan sangat tidak nyaman bila dimasukkan kedalam saku celana ataupun baju. Dan lagi bila ingin digenggam menggunakan satu tangan memerlukan kehati-hatian sebab layar yang cukup lebar.

Untuk menjaga privasi atau keamanan smartphone, Lava Iris memasang teknologi Face ID. Siitem bekerja dengan memindai dan mengidentifikasi wajah yang hanya memerlukan waktu 0,8 detik.

Untuk menunjang tampilan layar yang lebih baik, HP Lava Iris 88 menjalankan sistem operasi yang populer dengan memasang Android 8.1 Oreo. Memiliki interface yang simpel dan bisa bekerja secara optimal untuk memberikan kepuasan lebih untuk pengguna.

Performa HP Lava Iris 88

hp lava iris 88

Selain mengusung layar yang jernih dan full display, smarthphone Lava Iris 88 terbaru hadir dengan harga murah dan membekali dapur pacunya dengan prosesor yang tangguh. Dengan performa yang tangguh dapat membuat kinerjanya menjadi lebih bertenaga dan bisa bekerja dengan lebih optimal.

Prosesor tangguh yang terpasang pada smartphone ini menggunakan Mediatek MT6739WW dengan refresh rate 1,5 GHz. Prosesor yang terpasang pada smartphone akan membuat perangkat menjadi sangat tangguh.

Namun sangat disayangkan, smartphone ini tidak recommended untuk penggunaan game yang memerlukan grafis yang tinggi. Prosesor yang terpasang belum mampu memberikan kenyamanan dalam bermain game yang berat.

Untuk menunjang kinerja smartphone lebih optimal, Lava Iris 88 juga dilengkapi dengan memori internal yang cukup besar yakni 16 GB dan RAM 2 GB. Bila masih membutuhkan kapasitas memori yang lebih karena pemasangan suatu aplikasi yang banyak ataupun data-data pribadi. Smartphone ini juga memberikan slot tambahan dengan kapasitas hingga 64 GB.

Kualitas Kamera HP Lava Iris 88

Selain memiliki performa yang gesit dan resolusi yang tinggi, Lava Iris 88 juga menghadirkan kamera yang cukup epik. Kamera yang tertanam pada kamera utama memiliki resolusi 8 MP dengan dilengkapi lampu flash untuk memberikan pencahayaan yang lebih terang.

Kamera belakang terletak pada pojok atas sebelah kiri dengan ditemani LED flash yang terlihat mungil. Meski desain kamera cukup simpel, hal ini membuat tampak kamera cukup elegan dan mewah dengan warna gold atau black yang menjadi pilihan warnanya.

Kamera belakang mampu membuat video beresolusi hingga 1080 piksel dengan kecepatan 30 fps. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 5 MP yang terletak pada atas layar smartphone dengan bentuk lubang kamera. Walaupun desain kamera belum kekinian, namun masih terlihat manis dengan perpaduan layar yang lebar.

Ketahanan Baterai HP Lava Iris 88

Baterai yang tertanam pada HP Lava Iris 88 ini memiliki kapasitas 2000 mAh dengan tipe jenis baterai Li-Ion. Kapasitas baterai terbilang kecil dibandingkan dengan vendor lain yang sudah mengusung kapasitas baterai yang besar saat ini.

Namun Anda tak perlu khawatir, baterai dengan kapasitas 2000 mAh juga mampu loh bertahan seharian dengan segala aktivitas Anda. Banyak cara agar baterai tersebut awet digunakan seharian, beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Anda dapat menurunkan tingkat kecerahan pada layar smartphone, sebab pemakaian terbesar baterai adalah layarnya. Anda pun juga bisa lock screen atau time-out  layar bila smartphone tidak sedang digunakan.
  • Mematikan fitur auto-sync bila tak terlalu dibutuhkan oleh Anda.
  • Mode getar pada notifikasi juga salah satu penyebab baterai boros, maka dari itu bila ingin lebih hemat sebaiknya matikan mode getar.
  • Memilih browser yang ringan karena browser juga menyedot penggunaan pada baterai Anda.
  • Menggunakan charger asli atau charger bawaan smartphone untuk menghidari gangguan bila menggunakan charger lain.

Spesifikasi Lengkap Lava Iris 88

hp lava iris 88

Info Dasar

Kategori                      : HP

Brand                          : Lava

Series                          : Iris 88

Rilis                             : Mei 2018

Network                      : 2G, 3G, 4G

Hadware

Prosesor                       : Mediatek MT6739WW

CPU                            : Quad core 1.5 GHz

GPU                            : IMG 8XE 1PPC @570MHz

OS Version                  : Android 8.1 Oreo

Design

Dimensi                       : 146.5 x 70.2 x 8.65 mm

Material                       : Polycarbonat

SIM Slot                      : 3 slot

Tipe Sim                     : Card Nano SIM

Warna                          : Black, Gold

Layar

Size                             : 5.45 inci

Jenis                            : IPS LCD

Resolusi                       : 720 x 1480 piksel (269 ppi density)

Touch Screen              : ya

Memori

RAM                           : 2 GB

Internal                        : 16 GB

Eksternal                     : microSD hingga 64 GB

Kamera Belakang

Jumlah kamera            : 1

Resolusi                       : 8 MP

Fitur                            : LED flash, panorama

Video                          :[email protected] fps

Kamera Depan

Jumlah kamera            : 1

Resolusi                       : 5 MP

Fitur                            : tidak ada

Video                          : tidak ada

Konektivitas

Bluetooth                    : 4.2, A2DP, LE

Wlan                            : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

Infrared                       : tidak ada

NFC                            : tidak ada

GPS                             : A-GPS, GLONASS

USB                            : microUSB 2.0

Audio                          : port jack 3.5 mm

Baterai           

Jenis                            : Li-Ion

Kapasitas                     : Removable 2000 mAh

Wireless Charging      : tidak ada

Fitur Lainnya

Sensor                         : Face ID, Accelerometer, proximity

Waterproof                  : tidak

Baca juga: Harga dan Spesifikasi HP Lava Terbaru 2021

Kelebihan dan Kekurangan HP Lava Iris 88

hp lava iris 88

Kelebihan

  • Ukuran layar cukiup besar yaitu 5.45 inci
  • Memiliki keamanan yang akurat, cepat dan aman dengan face ID
  • Prosesor yang gesit
  • Kapasitas baterai yang cukup untuk seharian
  • Sudah memiliki koneksi jaringan 4G
  • Memiliki desain yang premium dengan resolusi HD dan full view

Kekurangan

  • Tidak fast charging
  • Tidak ada NFC
  • Jumlah kamera belakang hanya 1
  • Kapasitas RAM yang kecil
  • Tidak cocok untuk bermain game berat seperti PUBG, Free Fire dan Mobile Legend

Harga

Secara keseluruhan, spesifikasi yang ditawarkan oleh Lava Iris 88 cukup sesuai dengan harga yang ditawarkan. Lava Iris 88 yang hadir dengan harga 1 jutaan sanggup bersaing dengan vendor smartphone dengan menghadirkan desain yang lebih stylis.

Silahkan lihat dan bandingkan Harga HP Lava Iris 88 ini

Design yang diusung pada HP Lava Iris 88 secara kesluruhan menampilkan kesan yang mewah dan elegan. Warna yang menjadi pilihan pun menambah kesan elegan pada smartphone. Tak hanya itu, HP Lava Iris 88 hadir dengan bezel tipis yang membuat smartphone menjadi tampak menawan yang membuat orang menjadi terpikat pada smartphone Lava Iris 88. – Editted: 06/04/2021 by Sera-Tech.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *