Mode HDR di Kamera HP: Pengertian dan Cara Menggunakan | Sera-Tech

  • Share
Droila
Mode HDR Di Kamera HP: Pengertian Dan Cara Menggunakan |

Bagi para pegiat fotografi, HDR merupakan salah satu istilah yang cukup populer. Dan beberapa tahun terakhir, istilah ini mulai dikenal oleh masyarakat luas berkat diterapkan pada kamera HP. Tapi, apakah kamu tahu apa itu mode HDR kamera HP? Selain itu, bagaimana dan kapan momen yang tepat untuk menggunakannya?

Perkembangan teknologi memudahkan siapa pun untuk jadi fotografer. Hanya berbekal kamera HP dan aplikasi edit foto, kini kamu sudah bisa menghasilkan jepretan ciamik –lalu dipamerkan di media sosial. Sehingga membuat satu cabang fotografi baru muncul dan memiliki banyak penggemar, yakni fotografi HP.

Saking komplitnya, kini kamu bisa memanfaatkan berbagai mode fotografi pada kamera HP. Contohnya sepert mode bokeh, zoom, panorama, hingga HDR. Bahkan, ada pula HP yang diklaim setingkat DSLR hasil jepretannya!

Tak jarang, bagi fotografer HP pemula, pilihan mode yang terlalu banyak itu akhirnya menimbulkan kebingungan. Membuat pengguna salah menerapkan mode kamera untuk kebutuhan tertentu.

Misal, memotret wefie menggunakan mode HDR, ingin potret detail tapi malah pakai kamera wide, dan masih banyak contoh lainnya. Kamu pasti pernah merasakan hal itu bukan?

Terlepas dari kemampuan fotografi seseorang, mengetahui apa itu HDR adalah hal yang penting. Sehingga, kamu bisa memanfaatkannya sebagaimana mestinya. Kemudian, kamu pun bisa menghasilkan foto yang lebih optimal.

Mode HDR di Kamera HP (Android Authority)
Mode HDR di Kamera HP (Android Authority)

Apa Itu HDR di Kamera

Sebenarnya, HDR merupakan singkatan dari High Dynamy Range. Ini adalah teknik yang biasanya dipakai fotografer untuk menyeimbangkan tingkat cahaya pada gambar. Biasanya, HDR dipakai saat muncul eksposur yang berbeda pada single frame.

Contohnya, kamu tentu pernah menemukan kasus ketika memotret di luar ruangan. Pada frame, kamu menemukan kalo objek yang dijepret muncul siluet karena cahaya dari belakang objek terlalu terang. Nah, HDR mampu mengatasi hal itu.

Pasalnya, HDR menghasilkan tiga foto sekaligus dalam satu kali jepretan. Masing-masing memiliki tingkat kecerahan berbeda. Satu dengan kecerahan normal, satu agak cerah, dan sisanya agak gelap.

Kemudian, ketiga foto itu digabungkan, di mana foto yang terang dipakai untuk membuat fokus pada objek, sedangkan foto yang agak gelap dipakai sebagai latar belakang. Hasilnya, foto pun memiliki rentang kecerahan dinamis yang cukup tinggi.

Fungsi HDR Pada Kamera HP

Melalui penerapan HDR pada kamera HP, kini pengguna HP Android maupun iPhone bisa lebih leluasa menghasilkan foto berkualitas. Bahkan, tak jarang ada pula fotografer HP yang mampu mencetak foto yang kualitasnya sebanding dengan kamera DSLR.

Lantas, apa sih sebenarnya fungsi HDR pada kamera HP? Seperti sudah disinggung di atas, mode fotografi ini memungkinkan kamera supaya tidak kehilangan fokus antara latar belakang dan juga subjek.

Dengan begitu, baik subjek maupun latar belakang pun mendapatkan tingkat kecerahan yang optimal. Maka dari itu, pada foto atau gambar HDR, biasanya seluruh bagian dalam satu frame akan lebih cerah –tanpa satu bagian pun yang tampak gelap.

Fungsi HDR di kamera HP (Slashgear)
Fungsi HDR di kamera HP (Slashgear)

Cara Menggunakan HDR di Android

Setelah mengetahui apa itu HDR di kamera HP, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan mode ini. Dan beruntungnya, kini mode HDR sudah menjadi salah satu fitur fotografi HP yang cukup dikembangkan oleh perusahaan.

Alhasil, kamu, sebagai pengguna HP, bisa mendapatkan gambar HD tanpa melalui proses manual –sebagaimana jika kamu menggunakan kamera DSLR. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini aja, ya:

  1. Masuk menu Pengaturan kamera
  2. Kemudian, cari menu HDR
  3. Ketuk ikon HDR pada layar untuk mengaktifkannya
  4. Setelah itu, kembali ke halaman aplikasi kamera, maka mode ini pun sudah otomatis aktif pada perangkat kalian

Ya, mudah sekali bukan untuk menghasilkan gambar HDR? Jadi, jika kamu ingin mendapatkan hasil jepretan yang lebih profesional, langsung deh terapkan langkah di atas.

Cara menggunakan HDR di kamera HP (The Smartphone Photographer)
Cara menggunakan HDR di kamera HP (The Smartphone Photographer)

Kapan HDR Digunakan?

Memang mode fotografi HDR memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar yang lebih fokus dan tajam pada berbagai kondisi. Dan berkat fitur teknologi, kamu sudah tidak perlu lagi mengatur pencahayaan dan kontras secara manual.

Tapi, kamu juga perlu tahu bahwa mode HDR tidak bisa dipakai untuk berbagai kondisi. Hanya situasi dan kondisi tertentu saja yang bakal membuat gambar HDR terlihat lebih optimal dan berkesan.

Maka dari itu, kamu wajib tahu pula kapan HDR digunakan. Penasaran? Catat deh beberapa poin di berikut ini:

  1. Saat kamu mengambil foto lanskap
  2. Saat memotret di lingkungan yang pencahayaannya terlalu terang
  3. Bisa kamu pakai jika memotret di lingkungan yang minim cahaya atau backlight
Perbedaan mode HDR dan HD (Geeks on Tour)
Perbedaan mode HDR dan HD (Geeks on Tour)

Nah, itulah beberapa catatan mengenai mode HDR kamera HP yang wajib kamu ketahui. Dengan memahami pengertian, cara menggunakan, serta kapan waktu yang tepat untuk memakainya, semoga kamu bisa lebih mengoptimalkan hasil jepretan dengan mode HDR ini.

Jika kamu masih ingin mendapatkan penjelasan mengenai kamera HP yang lain, tim Sera-Tech juga pernah menguraikan panjang lebar tentang jenis-jenis lensa HP, lho. Jadi, jangan sampai lewatkan supaya kamu lebih paham, ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *