Microsoft Segera Hentikan Dukungan Terhadap Adobe Flash di Windows – Sera-Tech

  • Share
adobe flash player
Microsoft Segera Hentikan Dukungan Terhadap Adobe Flash Di Windows

Di tengah hangatnya kabar perceraian pendiri Microsoft Bill Gates dengan istrinya Melinda Gates, raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut juga memiliki berita lain. Microsoft mengumumkan mengakhiri dukungan terhadap Adobe Flash.

Pada akhir tahun 2020 lalu, Adobe memang telah mengumumkan bahwa jajaran aplikasi mereka tidak lagi memanfaatkan flash player di dalamnya. Sehingga para pengguna diharapkan segera melakukan proses uninstall fitur tersebut di sistem komputer. Mengiringi kebijakan Adobe, Microsoft juga melakukan langkah yang sama untuk penggunanya melalui update sistem baru di bulan Juni hingga Juli nanti.

Baca juga: Flash Player dari Adobe Resmi Ditutup, Berikut Cara Uninstall di Windows & Mac

Dimulai dari Windows 10

review ASUSPRO P1440UF

Microsoft mengumumkan  bahwa mereka akan memberi update sistem KB4577586 untuk mengakhiri usia flash player. Update pertama bernama “update for removal adobe flash player” akan segera diberikan sejak awal Juni. Update ini terkhusus untuk sistem operasi Microsoft Windows 10 versi 1809.

Sedangkan pada kesempatan di bulan Juli, Microsoft memberi tajuk update yang sama untuk sistem operasi Windows 10, versi 1607 dan 1507. Dalam update tersebut juga turut membawa pembaruan bagi Windows 8.1, Windows Server 2021, dan Windows Embedded 8 Standard. Proses update ini juga dapat dilakukan secara mandiri dengan mengunduh file-nya di Microsoft.

Alasan ditiadakannya flash player pada sistem operasi Microsoft, salah satunya karena alasan keamanan. Dikhawatirkan file tidak terpakai itu akan menjadi sasaran empuk apabila ada serangan virus ke dalam sistem. Karena sebab itu pula, Adobe tidak menyarankan apabila pengguna nantinya mengunduh file flash player dari pihak ke-3.

Baca juga: Fitur Group Video Call Telegram Siap Hadir Mei 2021

Adobe Flash Dianggap Sudah Ketinggalan Zaman

adobe flash
Selain dianggap ketinggalan zaman, adobe flash juga rentan terkena serangan virus.

Sampai saat ini, Microsoft telah menghilangkan dukungan support untuk browser mereka, Edge. Proses penghilangan itu dilakukan lewat update berkala dengan proses instalasi otomatis. Jadi pengguna tidak perlu lagi mencari-cari fitur flash player pada saat menginstall Windows maupun browser Edge.

Adobe Flash player merupakan fitur penunjang dalam internet. Fitur aplikasi ini membuat aplikasi yang dibuka mampu menghadirkan visualisasi gambar, video, maupun grafis penunjang informasi di halaman situs. Seiring perjalanan waktu fitur ini dianggap ketinggalan zaman dan rentan mengalami serangan virus. Browser Safari dari iOS menjadi salah satu perangkat yang tidak didukung flash player.

Selain Adobe Flash player, banyak fitur penunjang lain di luaran sana. Di antaranya dan yang dianggap terbaik ialah Lightspark, dibuat gratis dan mendukung open source. Kemudian ada juga nama-nama seperti Gnash, Ruffle, BlueMaxima’s Flashpoint, dan XMTV player.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *