Lolos TKDN, Nokia G10 & G20 Bakal Segera Dijual Resmi di Indonesia? – Sera-Tech

  • Share
Nokia G20
Lolos TKDN, Nokia G10 & G20 Bakal Segera Dijual Resmi

Sekitar pertengahan bulan Maret kemarin, Nokia Mobile (HMD) Indonesia telah resmikan sebuah smartphone kelas menengahnya yaitu Nokia 5.4. Namun tak lama kemudian, HMD Global mengadakan peluncuran daring yang rilis enam seri sekaligus. Dua di antaranya juga masuk ke kelas menengah, yaitu Nokia G10 & Nokia G20.

Meski konsumen di Indonesia telah menanti-nanti kehadiran flagship terbaru Android Nokia hadir secara resmi, nampaknya yang bakal hadir dalam waktu dekat adalah, lagi-lagi, seri menengah atau mid-range. Pasalnya, baru saja terlihat ‘hilal’ dari kehadiran Nokia G10 & Nokia G20, berhasil ditemukan oleh situs nokianesia pada tanggal 7 Mei lalu.

Kedua smartphone mid-range Nokia ini sudah muncul di situs lembaga sertifikasi resmi Indonesia. Dengan begitu, kemungkinan besar bakalan hadir di pasaran dalam waktu dekat. Meski masih usung desain yang kurang lebih sama, Nokia G10 serta G20 unggulkan daya tahan baterai. Diklaim bisa tahan hingga tiga hari dalam penggunaan normal.

Baca juga: Nokia G20 & G10 Andalkan Baterai Awet, Smartphone NFC Harga Rp2 Jutaan

Nokia G10 & G20 Telah Lolos Standar TKDN

P3DN - Nokia G10 & G20

Diperkenalkan secara global pertama kali pada 8 April lalu, Nokia G10 & G20 yang notabene mendukung smartphone 4G, tentunya harus melewati lembaga uji kandungan lokal Indonesia yang umumnya disebut dengan TKDN. Detail sertifikat kedua smartphone tersebut sudah bisa ditemukan, di mana keduanya telah melewati nilai kandungan lokal minimum, untuk lanjut ke tahapan penjualan lainnya.

Terlihat dari situs resmi P3DN milik Kemenperin, per tanggal 7 Mei 2021 lalu, PT Halo Mobile Device Indonesia selaku distributor resmi perangkat Android Nokia di Tanah Air, berhasil terbitkan dua sertifikat untuk Nokia G10 & G20 (dengan seri Nokia TA-1334 & TA-1336).

Keduanya telah memenuhi kadar nilai TKDN sebesar 30,73%, di mana sudah melewati batas bawah. Setelah tahap awal ini, diperlukan uji tambahan dari lembaga lain yaitu Ditjen Postel Indonesia, sebelum bisa benar-benar dijual secara resmi dan dibeli oleh para konsumen. Bila iTech friends sudah memiliki rencana untuk membeli keduanya, maka siap-siap untuk menabung terlebih dahulu.

Spesifikasi Nokia G10 & G20

Nokia G10

Sejatinya, perbedaan antara Nokia G10 & G20 tergolong tipis. Bila Nokia G20 punya sensor kamera utama 48MP dengan tiga sensor tambahan (5MP ultra wide-angle, 2MP macro & 2MP depth sensor), Nokia G10 hadir tanpa sensor ultra-wide, dengan sensor utama 13MP saja. Sama-sama pakai cip MediaTek, serinya juga berbeda.

Untuk Nokia G20, lebih powerful dengan MediaTek Helio G35, sementara G10 menggunakan Helio G25. Kedua cip tersebut dikenal sebagai prosesor gaming kelas entri. Lalu ukuran layar masing-masing smartphone cukup luas di 6,5 inci, hanya saja resolusinya masih HD+. Dengan baterai 5,050 mAh, tak heran bila klaimnya cukup awet sampai tiga hari penggunaan.

Nokia G20

Menjadi ciri khas smartphone Nokia, HMD janjikan pembaruan perangkat lunak sampai dua tahun, serta keamanan bulanan (monthly security patch) sampai tiga tahun. Dan meski tidak tahan air, keduanya telah mengantongi sertifikasi IPX2 yang membuatnya tahan dari percikan air hujan.

Dengan standar harga Euro yang umumnya lebih mahal untuk wilayah regional lainnya, Nokia G10 dibanderol dengan harga ritel 139 Euro atau sekitar Rp2,4 jutaan. Sementara untuk Nokia G20 yang dilengkapi sensor NFC (setidaknya spesifikasi global), sedikit lebih mahal di 159 Euro atau Rp2,7 jutaan. Seharusnya ketika masuk ke Indonesia, harga bakal lebih murah. Kita tunggu saja ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *