Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M62: Kece Sih, Tapi.. | Sera-Tech

  • Share
Droila
Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy M62: Kece Sih, Tapi |

Belum lama ini, Samsung Indosia memperkenalkan Samsung Galaxy M62. Mengisi kompetisi kelas menengah, akankah HP Samsung Galaxy terbaru ini sukses mencuri perhatian? Agar kamu lebih kenal, simak terlebih dulu uraian spesifikasi, review, harga, serta kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62 di bawah ini.

Sampai sekarang, segmen HP kelas menengah masih jadi yang paling meriah. Diisi dengan banyak pilihan yang punya spesifikasi maupun desain cukup mewah, tapi dibanderol cukup terjangkau. Dan Samsung tampaknya belum ingin mengakui kekalahannya di segmen ini.

Baru-baru ini, perusahaan meluncurkan ponsel terbarunya untuk segmen tersebut. Diberi nama Samsung Galaxy M62, ponsel ini tak hanya menawarkan desain mewah saja. Melainkan daya tahan baterai yang cukup besar. Bagaimana tidak, 7.000 mAh bos!

Tak hanya itu, baterai raksasa ini juga didukung teknologi pengisian daya cepat 25W. Menjanjikan pengguna kenyamanan lebih- terutama untuk kamu yang aktif di luar ruangan.

Lantas, apa saja pembaruan yang sudah ditanamkan perusahaan pada HP terbarunya ini? Untuk mengulas hal tersebut, tim Sera-Tech sudah menyiapkan beberapa informasi yang perlu kamu tahu.

Meliputi review ponsel di segmen menengah, spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62. Mau tahu?

Pilihan warna Samsung M62 (Samsung)
Pilihan warna Samsung M62 (Samsung)

Spesifikasi Galaxy M62

Dalam meproduksi perangkat, Samsung tampaknya tidak mengikuti kaidah penamaan yang dipakai banyak vendor. Buktinya, tiba-tiba saja ponsel dengan seri Galaxy M62 diluncurkan –tanpa didahului Galaxy M42, M32, atau M12.

Meskipun begitu, bukan berarti produk Samsung bisa kamu pandang sebelah mata. Pula, jangan sampai kamu keluarkan dari daftar referensi kalo pengin ganti HP baru. Soalnya, Galaxy M62 bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang punya beragam aktivitas.

Tentu kamu pengin bukti dari pernyataan di atas? Lebih lengkap, simak deh dari uraian spesifikasi Galaxy M62 di bawah ini.

Desain

Semakin besar perangkat, semakin mudah pula mencuri perhatian pasar. Tampaknya, asumsi tersebut kini tengah diterapkan oleh banyak produsen smartphone. Tak terkecuali Samsung.

Dimensi perangkat cukup lebar. Yakni 163,9×76,3×9,5 mm. Sayangnya, karena menggunakan bahan plastik, genggaman terasa kurang mantab. Ponsel terasa licin dan mudah selip!

Tapi kelemahan tersebut dikompensasi perusahaan lewat desain menawan. Modul berbentuk persegi yang membungkus kamera belakang, lalu warna gradasi yang melapisi body belakang. Faktor-faktor itulah yang membuat Galaxy M62 makin mencuri perhatian.

Layar Galaxy M62 (Samsung)
Layar Galaxy M62 (Samsung)

Layar

Pada bagian layar, Samsung membekali perangkat ini dengan panel Super AMOLED dengan lebar 6,7 inci. Sayangnya, untuk HP yang dijual 5 jutaan, kualitas gratis dari ponsel ini terbilang rendah. Cuma mampu menampilkan grafis dengan refresh rate 60Hz aja!

Padahal, Samsung sudah membekali Galaxy A32 5G(review) dengan layar AMOLED yang mampu menampilkan refresh rate 90Hz. Tentu kekurangan yang menjadi perhatian banyak pengguna.

Bukan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62 jika kita hanya mengulas kelemahannya saja. Karena Galaxy M62 menggunakan layar Super AMOLED, kualitas grafis refresh rate 60Hz yang dihasilkan oleh perangkat ini tentu saja berbeda dengan perangkat lain.

Lebih detail dan kaya akan warna!

Alhasil, memainkan game Mobile Legends atau PUBG Mobile pun bakal lebih nyaman. Langsung deh coba!

Dapur pacu Galaxy M62 (Samsung)
Dapur pacu Galaxy M62 (Samsung)

Performa

Samsung mulai belajar dari kesalahannya selama beberapa tahun terakhir. Chipset Exynos, SoC yang dikembangkan perusahaan, mulai ditingkatkan kemampuannya. Baik dari sisi pemrosesan, efisiensi daya, serta pengelolaan grafis.

Dan keunggulan-keunggulan itulah yang terdapat pada Galaxy M62. Begitu dipakai, kamu bakal merasakan pengalaman mengoperasikan smartphone flagship. Kencang dan tanpa lemot!

Baik untuk browsing, chatting, hingga multitasking. Berdasarkan pengalaman langsung banyak pengguna, jarang dari mereka merasakan performa yang lemot ketika mengoperasikan peangkat ini. Artinya, manajemen RAM dari perangkat terbilang berhasil menghantarkan pengalaman yang lebih optimal.

Dan ketangguhan ini bisa diberikan dengan baik oleh perangkat berkat chipset Exynos 9825. SoC ini memiliki delapan inti pemrosesan. Sedangkan untuk pengolahan grafis, Exynos 9825 mengandalkan GPU Mali-G76 MP12.

Tak hanya itu, masih ada dukungan RAM 8GB serta memori internal sebesar 256GB. Sehingga, kamu bisa lebih leluasa menyimpan banyak file –entah file video, foto, atau aplikasi sekalipun. Sangat menenangkan, bukan?

Performa gaming Galaxy M62 (Techlekh)
Performa gaming Galaxy M62 (Techlekh)

Kamera

Banyak pihak sudah mengakui ketangguhan perangkat ini. Tapi, banyak pengguna juga menyayangkan betapa rapuhnya bagian luar perangkat. Sedangkan untuk bagian kamera, modul pembungkus lensa jadi salah satu bagian yang perlu kamu perhatikan.

Soalnya, sudah banyak pengguna yang menyampaikan bahwa bagian ini mudah lecet. Jadi, harap hati-hati ketika menggunakan perangkat, ya.

Hanya saja, jika kita membicarakan kemampuan, kamera Galaxy M62 cukup memuaskan. Di bagian belakang, terdapat empat kamera utama yang menjanjikan hasil jepretan yang lebih optimal.

Masing-masing terdiri dari lensa 64MP wide PDAF, 12MP lensa ultra lebar, 5MP lensa makro, serta 5MP sensor kedalaman.

Spesifikasi kamera Galaxy M62 (Samsung)
Spesifikasi kamera Galaxy M62 (Samsung)

Sementara itu, kamera depan dibungkus punch-hole yang terletak di bagian tengah. Yang mengagumkan, kamera depan dari HP Samsung Galaxy terbaru ini memiliki kemampuan 32MP.

Dengan begitu, hasil rekaman klip video dari kamera depan Galaxy M62 bisa lebih detail dan berwarna.

Ya, cocok untuk kamu yang doyan bikin konten video di TikTok atau Instagram!

Harga

Desain HP Samsung Galaxy M62 (Techlekh)
Desain HP Samsung Galaxy M62 (Techlekh)

Beberapa hari lalu, Samsung Indonesia menyelenggarakan flash sale Galaxy M62. Bekerja sama dengan sejumlah e-commerce, HP Samsung Galaxy M62 dijual dengan harga Rp5,799 juta saja. Lebih irit Rp 200 ribu!

Sedangkan untuk harga normal, mengutip keterangan pada situs resmi Samsung Indonesia, Galaxy M62 dibanderol dengan harga Rp5,999 juta.

Tertarik memiliki? Kamu bisa lho langsung membeli Galaxy M62 saat ini. Cukup klik tautan yang sudah disiapkan penulis di bawah ini. Kamu akan dibawa  menuju halaman penjualan toko online di Indonesia. Langsung cek aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy M62

Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy M62 (Dok.Istimewa/Droila)
Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy M62 (Dok.Istimewa/Sera-Tech)

Performa kencang, baterai berkapasitas besar, serta layar Super AMOLED. Barangkali, berbagai kebutuhan dari ponsel kelas menengah bisa kamu temukan dari produk ini.

Meskipun begitu, bukan berarti Galaxy M62 hadir tanpa kelemahan. Agar kamu lebih mengenali, pahami pula bagaimana kelebihan dan kekurangan Galaxy M62. Berikut ini beberapa poin yang wajib kamu kenali.

Kekurangan

  • Layar belum mampu menghasilkan refresh rate tinggi
  • Desain dan material body kurang memuaskan untuk HP harga Rp5 jutaan –bahkan mendekati Rp 6 juta.
  • Tanpa perlindungan Corning Gorilla Glass
  • Belum didukung teknologi pengisian daya nirkabel
  • Tanpa dukungan gyro-EIS yang membuat video lebih stabil
Baterai Galaxy M62 (Samsung)
Baterai Galaxy M62 (Samsung)

Kelebihan

  • Layar yang cukup lebar
  • Panel Super AMOLED
  • Sistem operasi Android 11 yang kompatibel dengan One UI 3.1
  • Slot kartu SD
  • Hasil foto maupun video cukup memuaskan
  • Kapasitas baterai 7000 mAh
  • Teknologi pengisian daya cepat 25W serta reverse charging

Review

Kelebihan dan kekurangan Galaxy M62 (Techlekh)
Kelebihan dan kekurangan Galaxy M62 (Techlekh)

Menurut Sera-Tech, Samsung Galaxy M62 adalah ponsel yang cukup menjanjikan. Berbagai keunggulan bisa kamu dapatkan hanya dengan harga Rp 5 jutaan aja. Apalagi, beberapa fitur dari ponsel premium juga bisa kamu pakai lewat perangkat ini.

Tapi, jika melihat kompetisi, spesifikasi maupun performa perangkat tampaknya tertinggal jauh dengan produk buatan China. Misal, untuk harga jual yang mendekati Rp6 juta, kamu sudah bisa mendapatkan Mi 10T Pro (review), lho.

Padahal, HP kelas menengah dari Xiaomi itu sudah didukung chipset high-end. Tentunya, dalam hal performa, jauh mengalahkan seri Exynos yang dipakai Galaxy M62.

Maka, untuk keputusan akhir, tentu saja terletak di tangan calon pembeli. Jika kamu seorang Samsung addict, perangkat ini bisa jadi pilihan jika mencari perangkat yang kencang tapi harga terjangkau.

Nah, usai sudah uraian kelebihan dan kekurangan Samsung GalaxyM62 kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan sebelum beli HP Samsung Galaxy terbaru ini, ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *