Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52: Harga 4 Jutaan Dapat HP Anti Air, Refresh Rate 90Hz, dan Penyimpanan Gede! | Sera-Tech

  • Share
Droila
Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A52: Harga 4 Jutaan Dapat

Samsung mengawali bulan Maret dengan meluncurkan tiga HP anyar sekaligus. Masing-masing menarget segmen tertentu. Dan untuk segmen menengah, perusahaan mengandalkan seri Galaxy A52. Tertarik memiliki ponsel anyar ini? Simak dulu yuk uraian kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A52 beserta uraian terkait spesifikasi dan harganya berikut ini.

Bulan Maret menjadi bulan yang sibuk bagi beberapa vendor smartphone. Kompetisi segmen tertentu makin ramai berkat beberapa produsen mengeluarkan jagoan barunya.

Mulai dari Xiaomi dengan model Redmi Note 10 series, Realme yang siap-siap memperkenalkan seri Realme 8, serta Samsung dengan trio Galaxy A terbarunya.

Mengikuti tren yang tengah berkembang, Samsung memperkenalkan tiga ponsel sekaligus. Masing-masing menargetkan segmen yang berbeda. D

Desain layar Galaxy A52 (Samsung Indonesia)
Desain layar Galaxy A52 (Samsung Indonesia)

Sebelumnya, penulis sudah menguraikan bagaimana kelebihan dan kekurangan Galaxy A32 –ponsel jagoan Samsung untuk segmen entry-level. Sedangkan untuk segmen kelas menengah, Samsung mengandalkan Galaxy A52.

Tapi, apakah Galaxy A52 paling tepat untuk kamu? Apakah komponen spesifikasi yang ditanamkan perusahaan benar-benar bisa memenuhi kebutuhan?

Pertanyaan tersebut penting  diajukan sebelum kamu membeli HP Samsung terbaru ini. Dan untuk menjawabnya, tim Sera-Tech sudah merangkum informasi dari berbagai sumber terkait spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A52.

Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah, ya.

HP Samsung Galaxy A52 (Samsung Indonesia)
HP Samsung Galaxy A52 (Samsung Indonesia)

Spesifikasi Galaxy A52

Untuk pertama kalinya Samsung memberikan desain yang berbeda dari ponsel kelas menengahnya. Membuat Galaxy A52 terlihat makin menawan dan menggoda.

Meskipun bagian punggung dilapisi plastik, sentuhan tangan tetap terasa lembut. Ditambah dengan desain minimalis, ponsel yang memiliki dimensi 159,9mm x 75,1mm x 8,4mm ini pun menjanjikan pengguna jauh dari rasa pegal ketika menggunakannya untuk jangka waktu yang panjang.

Artinya, baik untuk vlogging maupun gaming, Galaxy A52 bisa memenuhi kebutuhanmu tanpa banyak kendala.

Di bagian belakang, modul berbentuk persegi panjang menjadi wadah dari empat buah kamera dan satu LED flash. Warna modul tak lagi dibuat berbeda –seperti desain yang terdapat pada ponsel kebanyakan. Namun, berkat perubahan sederhana tersebut, kesan minimalis yang kita dapatkan pun makin kuat.

kelebihan Galaxy A52 (Samsung Indonesia)
kelebihan Galaxy A52 (Samsung Indonesia)

Tak hanya desain yang rupawan. Kemampuannya pun tak bisa kamu remehkan. Empat kamera yang sudah ditanamkan menjanjikan pengalaman fotografi yang lebih memuaskan. Kamera utama memiliki kemampuan 64MP lensa wide dan didukung fitur PDAF serta OIS.

Sedangkan ketiga kamera lain terdiri dari 12MP lensa ultra lebar, 5MP lensa makro, dan 5MP sensor kedalaman. Perusahaan juga sudah menambahkan beragam fitur fotografi pendukung untuk kamera belakang. Yang jelas, kamu tak perlu meragukan kemampuannya!

Membalik perangkat, kita akan menemukan layar Super AMOLED dengan lebar 6,5 inci. Layar tersebut mampu menghasilkan grafis beresolusi 1080 x 2400 piksel serta refresh rate 90Hz. Kamu pun bisa mendapatkan grafis yang lebih detail dan warna tajam.

Kamera Samsung Galaxy A52 (Samsung Indonesia)
Kamera Samsung Galaxy A52 (Samsung Indonesia)

Agar layar lebih aman dari goresan maupun benturan, HP Samsung terbaru ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Tak hanya itu, masih ada perlindungan sertifikat IP67. Artinya, layar HP anti percikan air dan debu!

Pada layar bagian atas, kita akan menemukan lubang punch hole. Lubang tersebut menjadi wadah dari kamera selfie berkemampuan 32MP. Tak tanggung-tanggung, kamera depan Galaxy A52 mampu mengaktifkan mode HDR. Tentunya bakal memudahkan kamu yang doyan foto selfie, bukan?

Bagian dapur pacu juga tak kalah mengagumkan. Setelah dikomplain pengguna dari penjuru dunia terkait performa Exynos yang kurang memuaskan, akhirnya Samsung pun menggunakan chipset milik Qualcomm.

Perrforma Galaxy A52 (Samsung Indonesia)
Perrforma Galaxy A52 (Samsung Indonesia)

Yang mengagumkan, Samsung Galaxy A52 mengandalkan performa dari chipset kelas menengah gaming milik Qualcomm. Yakni seri Snapdragon 720G. Didukung CPU dengan delapan inti, bagian GPU mengandalkan kartu Adreno 618.

Fitur pendukung lain yang wajib kamu ketahui yakni baterai berkapasitas 4500 mAh. Daya tahan bisa kamu andalkan. Soalnya juga didukung teknologi pengisian daya cepat 25W. Menurut klaim perusahaan sih pengisian ulang daya cuma membutuhkan waktu 30 menit dari 0 persen hingga 50 persen.

Harga Samsung A52

Harga Samsung Galaxy A52 (Smartprix)
Harga Samsung Galaxy A52 (Smartprix)

Saat ini, kamu sudah bisa langsung membeli perangkat ini. Baik lewat toko resmi Samsung Indonesia atau melalui toko online. Namun, sebagai perbandingan, penulis menyertakan harga Samsung Galaxy A52 yang tertera pada website resmi.

Ponsel ini diluncurkan dengan empat pilihan warna. Yakni Awesome White, Awesome Black, Awesome Blue, dan Awesome Violet. Sayangnya, untuk pilihan warna Awesome Violet belum tersedia.

Jika kamu tertarik beli, ada dua pilihan penyimpanan yang ditawarkan Samsung. Untuk RAM 8GB dengan penyimpanan 128GB, Samsung Indonesia menjualnya dengan harga Rp4,999 juta. Sedangkan untuk varian penyimpanan 256GB dibanderol Rp5,399 juta.

Untuk memudahkan pembaca yang tertarik membeli HP kelas menengah terbaru ini, penulis sudah menambahkan tautan yang menuju masing-masing toko online. Kamu bisa mendapatkan tawaran harga yang lebih beragam. Sehingga, kamu pun bisa menyesuaikan harga sesuai budget yang disiapkan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52

Spek lengkap Samsung Galaxy A52 (Dok.Istimewa/Droila)
Spek lengkap Samsung Galaxy A52 (Dok.Istimewa/Sera-Tech)

Kehadiran Samsung Galaxy A52 tentu makin meramaikan segmen kelas menengah. Dukungan performa yang memuaskan ditambah harga yang cukup terjangkau bakal bikin banyak calon pembeli ngiler.

Tapi, apakah perangkat ini hadir tanpa kelemahan? Tentu saja tidak. Merangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Galaxy A52 yang wajib kamu ketahui.

Kekurangan

  • Harga yang terlalu mahal untuk HP dengan chipset Snapdragon 720G
  • Konsistensi warna dari kamera ultra lebar perlu peningkatan
  • Iklan sih charger 25W, tapi yang di kotak cuma 15W
Daya tahan baterai Samsung Galaxy A52 (Samsung Indonesia)
Daya tahan baterai Samsung Galaxy A52 (Samsung Indonesia)

Kelebihan

  • Desain elegan dengan sertifikat IP
  • Grafis memuaskan dari layar AMOLED
  • Refresh rate 90Hz
  • Performa kamera cukup memuaskan
  • Didukung teknologi kamera OIS
  • Dibekali firmware Samsung terbaru serta berhak mendapat tiga kali pembaruan
  • Speaker suara stereo

Review Samsung Galaxy A52: Snapdragon 720G dengan Harga Rp5 jutaan?

Chipset dan RAM Samsung Galaxy A52 (Samsung Indonesia)
Chipset dan RAM Samsung Galaxy A52 (Samsung Indonesia)

Dalam mengulas, hal pertama yang penulis perhatikan adalah chipset yang digunakan perangkat. Dan seperti yang sudah diulas, Samsung Galaxy A52 didukung chipset Snapdragon 720G.

Harus diakui, chipset tersebut memang cukup bertenaga untuk HP kelas menengah. Menjadikan perangkat lebih kuat jika dipakai untuk memainkan game berat.

Namun, yang luput dari perhatian, perangkat dari produsen lain yang didukung Snapdragon 720G dijual dengan harga jauh lebih murah. Sejauh ini, sudah ada empat perangkat yang didukung chipset ini. Antara lain Redmi Note 9 Pro (review), Oppo Reno4 (review), Realme 7 Pro (review), dan Vivo V20 (review).

Masing-masing dijual dengan harga Rp4 jutaan. Dan keempat perangkat tersebut juga sudah diluncurkan tahun 2020 lalu. Lalu, bukankah Samsung cukup tertinggal teknologi jika baru menerapkan chipset ini ditahun 2021?

review Samsung Galaxy A52 (Smartprix)
review Samsung Galaxy A52 (Smartprix)

Di sisi lain, penulis juga mengapresiasi pilihan desain serta komponen bagian luar. Menjadikan Galaxy A52 paling menggoda di antara pilihan HP dengan Snapdragon 720G. Maka, menurut penulis, harga Rp5 jutaan tidaklah terlalu tinggi untuk perangkat ini.

Usai sudah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A52 kali ini. Semoga ulasan handphone di atas bisa membantu kamu dalam meyakinkan pilihan sebelum memutuskan untuk beli, ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *