Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32 5G: Murah! | Sera-Tech

  • Share
Droila
Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A32 5G: Murah! | Sera Tech

Samsung kembali menghadirkan varian anyar dari Galaxy A seri. Diberi nama Galaxy A32 5G, ini merupakan ponsel yang sudah didukung teknologi koneksi internet terkini. Diklaim sebagai yang paling murah, bagaimana kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32 5G? Jika tertarik beli, wajib membaca uraian berikut ini.

Koneksi internet 5G siap masuk ke Indonesia. Pemerintah, melalui BUMN Telkomsel sudah mengumumkan rencana tersebut. Maka, untuk pembaca yang tertarik upgrade HP, bisa mempertimbangkan ponsel dengan koneksi 5G.

Awalnya, koneksi ini cuma diberikan oleh produsen untuk HP flagship dan premium. Kini, sudah tersedia pilihan harga yang lebih beragam untuk HP dengan teknologi jaringan internet terbaru ini.

HP Samsung Galaxy A32 5G (Samsung Indonesia)
HP Samsung Galaxy A32 5G (Samsung Indonesia)

Salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah Samsung Galaxy A32 5G. Ya, ini adalah varian anyar dari Galaxy A32 yang diluncurkan bulan lalu.

Lalu, selain dukungan 5G, apa lagi yang membuat berbeda seri Galaxy A32 5G dengan seri sebelumnya? Untuk mengetahui lebih jelas, tim Sera-Tech sudah mengumpulkan informasi terlengkap mengenai review, harga, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32 5G berikut ini.

Spesifikasi Galaxy A32 5G

Jika baru melihatnya, mungkin kamu akan sulit untuk membedakan varian Galaxy A32 dengan Galaxy A32 5G. Maka dari itu, supaya nggak salah beli perangkat, yuk simak dulu spesifikasi Galaxy A32 5G berikut ini.

Desain

Desain Galaxy A32 5G (Samsung Indonesia)
Desain Galaxy A32 5G (Samsung Indonesia)

Tahun ini, Samsung terbilang sukses menawarkan produk terbarunya. Tak hanya peningkatan di bagian komponen dan spesifikasi, perusahaan juga terlihat mengoptimalkan desain serta tampilan perangkat.

Hasilnya, ponsel yang cukup memenuhi jiwa muda serta terlihat trendi. Baik dari sisi pilihan warna serta desain perangkat, membuat perangkat terlihat segar dan nggak membosankan.

Memang, seperti umumnya HP kelas menengah, Samsung menggunakan material plastik untuk membungkus bagian punggung. Meskipun begitu, konsep body belakang tanpa hiasan modul membuatnya ponsel terlihat segar.

Sayangnya, perangkat ini cukup tebal. Dimensinya pun terbilang besar. Alhasil, kamu yang punya aktivitas lapangan, akan merasa mudah pegal jika menggunakannya sambil jalan.

Layar

Layar Galaxy A32 5G (Samsung Indonesia)
Layar Galaxy A32 5G (Samsung Indonesia)

Pengguna setia Samsung mungkin akan merasa kecewa jika melihat grafis yang digunakan. Alih-alih menerapkan AMOLED, seperti umumnya HP Samsung murah, perusahaan malah lebih memilih panel TFT.

Alhasil, grafis pun terlihat kurang terang, tidak cerah, dan terkesan tanpa detail sama sekali. Apalagi, layar dengan lebar 6,4 inci pun hanya mampu menghasilkan grafis berkualitas 720×1600 piksel dengan refresh rate 60Hz.

Ya, standar spesifikasi yang bisa dengan mudah kita temukan pada ponsel lain. Apalagi, beberapa ponsel dari vendor lain sudah dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

Kamera

Kamera belakang Galaxy A32 5G (PhoneArena)
Kamera belakang Galaxy A32 5G (PhoneArena)

Di balik kelemahan, tentu ada kelebihan yang membuat setiap perangkat layak diperhatikan. Sedangkan pada Galaxy A32 5G, tanpa diduga, keunggulannya justru terletak pada sektor kamera. Ya, sesuatu yang mungkin sangat jarang kita temukan dari HP harga Rp3 jutaan.

Bahkan, menurut penulis, hasil kamera Galaxy A32 5G terbilang mumpuni untuk segmen tersebut.

Kamera Samsung Galaxy A32 5G (Samsung Indonesia(
Kamera Samsung Galaxy A32 5G (Samsung Indonesia(

Di bagian belakang, kamu akan menemukan susunan empat kamera. Masing-masing memiliki kemampuan 48 MP lensa wide yang didukung teknologi PDAF, 8MP lensa ultra lebar, 5MP lensa makro, serta 2MP sensor kedalaman.

Sementara itu, kamra depan tersimpan pada notch berbentuk waterdrop. Kamera ini memiliki kemampuan 13MP dan menggunakan lensa wide. FYI, kamera depan Galaxy A32 5G mampu menghasilkan rekaman video berkualitas 1080p. Jadi, bikin klip TikTok pun bakal lebih mudah, bukan?

Dapur Pacu

Performa Samsung A32 5G (Samsung Indonesia)
Performa Samsung A32 5G (Samsung Indonesia)

Inilah dia perbedaan Galaxy A32 (review) dan Galaxy A32 5G yang paling kentara. Pasalnya, berkat dapur pacu pula varian anyar Galaxy A32 5G mampu menjalankan koneksi internet terbaru.

Untuk bagian performa, HP Samsung terbaru ini menjalankan chipset anyar yang dikembangkan MediaTek. Yakni seri MediaTek Dimensity 720 5G. System on chipset ini didukung delapan inti pemrosesan serta GPU Mali-G57 MC3.

Tak hanya itu, perusahaan juga sudah menambahkan penyimpanan berkapasitas besar. Yakni RAM 8GB dengan penyimpanan internal sebesar 128GB. So, kamu pun nggak perlu mengkhawatirkan masalah penyimpanan untuk jangka waktu yang cukup panjang.

Harga Samsung Galaxy A32 5G di Indonesia

Keunggulan Samsung Galaxy A32 5G (Phone Arena)
Keunggulan Samsung Galaxy A32 5G (Phone Arena)

Menurut rencana, Samsung Indonesia bakal mulai menjual Galaxy A32 5G pada 26 Mei mendatang. Untuk penjualan awal, Samsung akan menyelenggarakan flash sale yang rencananya akan berlangsung hingga 30 Mei.

Mengutip situs resmi Samsung Indonesia, harga Samsung Galaxy A32 5G bakal dibanderol sebesar Rp3,9 juta. Jika kamu membelinya saat flash sale, kamu juga akan mendapatkan TWS Galaxy Buds Live sebagai bonus.

Cukup menguntungkan, bukan?

Maka dari itu, segera deh awasi toko resmi Samsung Indonesia di berbagai e-commerce. Agar lebih cepat, langsung aja klik tautan berikut yang akan membawamu ke toko resmi. Cek langsung aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy A32 5G

Spesifikasi lengkap Galaxy A32 5G (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Galaxy A32 5G (Dok.Istimewa Sera-Tech)

Dibandingkan Xiaomi atau Realme, Samsung cukup berhasil menawarkan produk yang bervariatif. Masing-masing model memiliki perbedaan yang cukup kentara. Sehingga, pengguna bisa lebih mudah mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan serta dana.

Namun, bukan berarti Galaxy A32 5G tidak memiliki kelemahan. Beberapa bahkan sudah disebutkan penulis di atas. Lebih lengkap, berikut ini uraian kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32 5G. Cekidot, kuy.

Kekurangan

  • Layar IPS LCD yang kurang terang dan cerah
  • Plastik di bagian belakang membuat body mudah kotor oleh sidik jari
  • Kamera tidak dibekali Optical Image Stabilization
  • Kamera mode malam menghasilkan banyak noise
Koneksi 5G Galaxy A32 terbaru (Samsung Indonesia)
Koneksi 5G Galaxy A32 terbaru (Samsung Indonesia)

Kelebihan

  • Dukungan koneksi internet 5G
  • Slot kartu SD yang mendukung kapasitas 1TB
  • Kamera utama mampu merekam gambar berkualitas 4K
  • Hasil kamera depan memuaskan

Review Galaxy A32 5G: HP dengan 5G yang Cukup Bersaing untuk Saat Ini

Daya tahan baterai Galaxy A32 5G (Samsung Indonesia)
Daya tahan baterai Galaxy A32 5G (Samsung Indonesia)

Saat ini, baru ada beberapa pilihan HP yang didukung koneksi internet 5G. Contohnya seperti Oppo A74 5G (review) serta Vivo Y32s (review).

Sementara itu, beberapa vendor juga masih menyiapkan jagoan untuk mengisi segmen anyar ini. Maka, untuk sementara waktu, Galaxy A32 5G masih jadi pilihan yang menarik jika kamu ingin ganti HP 5G murah.

Hanya saja, bagaimana dengan tahun depan? Pastinya akan ada lebih banyak pilihan dengan komponen yang jauh lebih mengagumkan.

Nah, usah sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32 5G. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mendapatkan HP dengan 5G yang sesuai kebutuhan dan dana, ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *