Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro: Punya Kamera 108MP Sih, Tapi Apakah Cukup? | Sera-Tech

  • Share
Droila
Kelebihan Dan Kekurangan Realme 8 Pro: Punya Kamera 108MP Sih,

Beberapa hari lalu Realme Indonesia memperkenalkan seri Realme 8. Kali ini, tim Sera-Tech sudah menyiapkan berbagai informasi yang perlu kamu ketahui mengenai perangkat ini. Mulai dari spesifikasi, harga, hingga kelebihan dan kekurangan Reame 8 Pro.

Persaingan antara Realme dan Xiaomi untuk menguasai segmen kelas menengah makin sengit. Dan tahun ini, persaingan di antara kedua vendor ponsel asal China tersebut memasuki babak baru.

Seperti diketahui, Xiaomi meluncurkan produk terbarunya dari lini Redmi. Diberi nama Note 10 series, Xiaomi Indonesia memperkenalkan dua varian dari seri ini. Dan Redmi Note 10 Pro jadi yang paling mencuri perhatian berkat bekal kamera 108MP.

Ya, lensa 108MP untuk HP dengan harga Rp4 jutaan tentu bikin mupeng penggemar, bukan? Tapi, tak sampai sebulan berselang, Realme pun meluncurkan produk yang sama. Dua HP Realme terbaru masing-masing bernama Realme 8 dan Realme 8 Pro.

Sama seperti Xiaomi, Realme 8 Pro dibekali spesifikasi paling mumpuni. Yang bikin kaget serta kagum, ponsel anyar ini juga punya kamera 108MP!

Bahkan, untuk membuktikan kemampuannya, Realme pun mengadakan demo serta memecahkan rekor MURI atas kemampuannya mencetak hasil foto terbesar menggunakan kamera HP. Mengagumkan!

Lantas, akankah performa kamera Realme 8 Pro sesuai dengan yang diiklankan? Apakah produk ini layak disandingkan dengan Redmi Note 10 Pro? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak bagaimana spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Realme 8 Pro di bawah ini.

Poster HP Realme 8 Pro (Realme Indonesia)
Poster HP Realme 8 Pro (Realme Indonesia)

Spesifikasi Realme 8 Pro

Di tengah beragam pilihan ponsel dengan desain yang sejenis dan mirip, kehadiran Realme 8 Pro cukup mencuri perhatian. Bentuknya tipis, langsing, serta sangat nyaman di genggaman. Dan jika melihat kemampuan kamera besar serta teknologi pengisian daya cepat, ponsel ini makin menggoda!

Seperti umumnya HP kelas menengah, perusahaan melapisi bagian punggung dengan casing yang terbuat dari material plastik. Dan dari tampilannya, kita bisa menemukan jejak desain Oppo dari pada produk ini.

Itu bukanlah persaoalan besar. Malahan, tampilan Realme 8 Pro malah tampak makin mengagumkan. Di bagian punggung, kamu akan menemukan caption dari branding Realme tahun ini, yakni “Dare To Leap”. Terukir pada punggung plastik dalam ukuran besar.

Kamera Realme 8 Pro (Realme Indonesia)
Kamera Realme 8 Pro (Realme Indonesia)

Selain itu, terdapat modul berbentuk persegi. Di dalamnya, kita akan menemukan susunan empat kamera yang berukuran cukup besar. Bahkan, menurut penulis, paling mencuri perhatian!

Namun Realme tidak hanya menyajikan ukuran tanpa kualitas. Seperti sudah disinggung di atas, Realme 8 Pro hadir dengan dukungan kamera utama 108MP. Menggunakan lensa wide, kamera utama ini juga didukung fitur PDAF.

Sedangkan ketiga lensa lain masing-masing berkemampuan 8MP lensa ultra lebar, 2MP sensor kedalaman, serta 2MP sensor makro. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan berbagai fitur fotografi canggih dari perangkat ini. Sehingga, makin memanjakan pengguna dari ponsel Realme terbaru ini, bukan?

Membalik perangkat, kita akan menemukan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis dengan kualitas 1080 x 2400 piksel. Tak hanya itu, perusahaan juga sudah menambahkan fitur Always-on display pada perangkat.

Memang, kemampuan layar tak segahar Redmi Note 10 Pro –yang bisa menghasilkan grafis dengan refresh rate 120Hz. Tapi, itu bukanlah persoalan besar. Kamu tetap bisa mendapatkan grafis game yang lebih tajam dan berwarna.

Spesifikasi-Realme-8-Pro
Spesifikasi Realme 8 Pro (Realme Indonesia

Masuk ke bagian dalam, kita akan menemukan chipset Qualcomm Snapdragon 720G. System on chipset dengan delapan inti ini didukung pengolahan grafis Adreno 618. Tak hanya itu, Realme 8 Pro juga sudah menjalankan Android 11 dengan UI Customization Realme UI 2.0.

Alhasil, kamu bisa mendapatkan beragam fitur canggih yang sebelumnya cuma terdapat pada ponsel flagship.

Fitur-fitur lain yang wajib kamu ketahui yakni baterai berkapasitas 4.500mAh, dukungan teknologi pengisian daya cepat 50W yang konon bisa mengisi 0-1000% dalam waktu 47 menit saja, serta kamera depan berkemampuan 16MP.

Harga Realme 8 Pro

Poster peluncuran Realme 8 Pro (Instagram @realmeindonesia
Poster peluncuran Realme 8 Pro (Instagram @realmeindonesia

Segmen HP kelas menengah di Indonesia terbilang tumbuh cepat. Dibandingkan dua tahun lalu, kini sudah semakin banyak pilihan ponsel pada segmen ini. Menandakan kebutuhan dan daya beli masyarakat yang cukup tinggi.

Maka, keputusan Realme Indonesia yang menjual seri ini dengan banderol Rp 4 jutaan bisa dimaklumi. Mengutip keterangan pada situs resmi, Realme 8 Pro dijual dengan harga Rp4,498 juta saja. Dengan harga itu, kamu bisa mendapatkan HP yang punya RAM 8GB serta penyimpanan internal sebesar 128GB.

Namun, jika kamu tertarik untuk membeli HP Realme terbaru ini, mohon sabar dulu. Pasalnya, saat ini Realme Indonesia baru membuka keran Pre-order saja. Dan kamu bisa langsung memesannya melalui situs resmi.

Tapi, sebagai perbandingan, penulis sudah siapkan beberapa tautan yang mengarah ke beberapa toko online. Di dalamnya, kamu akan mendapatkan pilihan harga Realme 8 Pro yang lebih beragam. Sehingga kamu pun bisa mendapatkan pembelian terbaik dengan harga yang paling ciamik.

So, kalo tertarik, langsung cek link di bawah ini, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro

Spesifikasi lengkap Realme 8 Pro (Dok.Istimewa/Droila)
Spesifikasi lengkap Realme 8 Pro (Dok.Istimewa/Sera-Tech)

Harus diakui bahwa Realme menawarkan produk yang cukup menarik tahun ini. Tak berlebihan jika menyebut bahwa Realme siap menguasai pasar kelas menengah melalui produk ini.

Lalu, apakah produk ini hanya bisa komponen dan spesifikasi yang menguntungkan saja? Tentu jawabannya tidak. Realme 8 Pro juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Dan agar kamu lebih tahu, simak uraian kelebihan dan kekurangan Realme 8 Pro berikut ini.

Kekurangan

  • Tanpa lapisan perlindungan layar
  • Layar cuma mampu menghasilkan refresh rate 60Hz saja
  • Chipset yang dipakai sama seperti Realme 7 Pro dan Realme 6 Pro, yang notabene sudah cukup ketinggalan dari sisi teknologi
  • Kamera utama jika dipakai saat malam jadi lebih lambat
Harga Realme 8 Pro (Smartprix)
Harga Realme 8 Pro (Smartprix)

Kelebihan

  • Kombinasi Android 11 dan Realme 2.0 UI yang memuaskan
  • Kapasitas baterai besar dengan pengisian daya cepat yang bikin pengguna lebih nyaman
  • Layar Super AMOLED, HDR10, dan punch-hole berukuran kecil yang tidak mengganggu tampilan layar
  • Hasil perekaman video sangat memuaskan
  • Kamera berkemampuan 108MP!

Review: Layak Dibeli?

Realme 8 Pro merupakan ponsel dengan kemampuan dan performa yang cukup seimbang. Bisa memenuhi beragam kebutuhan penggunanya. Baik sekadar vlogging, browsing, chatting. Hingga aktivitas berat seperti gaming dan bikin konten video.

Tapi, sayangnya, perusahaan masih mempercayakan performa pada Snapdragon 720G. Padahal, chipset tersebut juga sudah dipakai pada dua seri pendahulunya –yaknI Realme 6 Pro (review) dan Realme 7 Pro (review).

Review Realme 8 Pro (Smartprix)
Review Realme 8 Pro (Smartprix)

Tentu keputusan yang layak dipertanyakan. Dan sekalipun kamera 108MP mampu membuat Realme 8 Pro bersaing head-to-head dengan Note 10 Pro (review), kekurangan di segi dapur pacu tentu jadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan.

Nah, usai sudah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 8 Pro. Semoga penjelasan di atas bisa membantu kamu dalam meyakinkan pilihan sebelum beli perangkat ini, ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *