Kabar Gembira, PS5 Akhirnya Dapatkan Update Mayor Pertama – Gizmologi

  • Share
Kabar Gembira, PS5 Akhirnya Dapatkan Update Mayor Pertama Gizmologi
Kabar Gembira, PS5 Akhirnya Dapatkan Update Mayor Pertama Gizmologi

Sudah satu semester sejak Playstation 5 (PS5) hadir ke hadapan para gamer pada November 2020 lalu. Maka kini dirasa menjadi waktu yang tepat bagi Sony untuk memberi update mayor atau besar-besaran pertama untuk konsol mutakhir tersebut. Lewat update untuk firmware PS5 terbaru yang dirilis pada 14 April 2021 dan berisi beberapa fitur seru untuk gamer.

Fitur dalam update yang paling menarik mungkin dapat dilihat dari kemampuan konsol untuk bersinergi dengan perangkat penyimpanan USB eksternal. Ya, Sony kini memberi opsi penyimpanan data game yang biasa berada di SSD PS5 untuk dapat dipindahkan dari dan ke perangkat USB tambahan. Sehingga lebih banyak ruang tersedia jika hendak meng-install game di dalam konsol PS5.

Pemanfaatan perangkat USB tersebut juga terhitung lebih efektif dan cepat kinerjanya dalam memindahkan game hasil download dibandingkan penyimpanan data game pada piringan DVD. Sony juga menjamin bahwa game yang dipindahkan dari dan ke USB eksternal tetap akan mendapat notifikasi pembaruan data apabila hendak dimainkan.

Lalu jika data game sudah berpindah ke perangkat eksternal USB, dapatkah gamer langsung memainkan game tersebut? Well, sayangnya itu masih belum dapat dilakukan. Kebutuhan pada kinerja tinggi SSD di dalam konsol masih diperlukan dan belum tergantikan. Sehingga gamer tetap harus memindahkan data game ke dalam SSD jika hendak memainkan game yang diinginkan.

ps5

Baca juga: Review Acer Swift 5 Antimicrobial: Laptop Tipis Bertenaga Bebas Bakteri

Sinergi Gamer PS5 dan PS5

Salah satu kelebihan PS5 ialah kemampuan untuk memainkan sebagian besar game PS4. Sehingga nilai minus dari minimnya game yang tersedia saat ini, tertutupi keberadaan banyak daftar game dari konsol terdahulu. Hal itu juga yang membuat banyak gamer PS4 tidak terburu-buru berpindah ke PS5.

Hal tersebut dipahami benar oleh Sony dengan menghadirkan fitur lain dalam update sistem terbaru, yakni cross-generation share play. Sebuah fitur yang memungkinkan ekosistem gamer kedua konsol dapat bermain lintas konsol. Dari PS5 ke PS4, vice versa! Memanfaatkan menu “Request to Join” para gamer dari kedua konsol dapat berbagi layar game, memindahkan fungsi kontrol, sampai bermain fitur co-op yang tersedia.

ps5

Kemampuan untuk bermain lintas generasi konsol semacam ini, tentu dapat membuka peluang semakin panjangnya usia ekosistem PS4. Sudah tersedia dan masih ada banyak game lain yang memungkinkan para gamer untuk berbagi keseruan yang sama tanpa perlu harus ada di generasi konsol yang sama.

Selain kedua fitur utama dari update besar pertamanya ini. Sony juga memberikan beberapa pembaruan minor pada pengaturan personal dalam game maupun tampilan menu di PS5. Selain itu, update terbaru ini juga menyentuh aplikasi Playstation App, sebuah perangkat tambahan pada ponsel yang dapat membantu memudahkan gamer melihat keadaan terbaru di circle tempatnya bermain.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *