Cara Memperbaiki Instagram yang Tidak Bisa Dibuka, Mudah Lho! | Sera-Tech

  • Share
Droila
Cara Memperbaiki Instagram Yang Tidak Bisa Dibuka, Mudah Lho! |

Bagaimana cara membuka akun Instagram yang tidak bisa dibuka? Tenang, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Jadi, saat akun Instagram milikmu tiba-tiba eror, coba deh lakukan salah satu cara memperbaiki Instagram yang tidak bisa dibuka berikut ini..

Harus diakui, kini, Instagram menjelma sebagai salah satu media sosial raksasa di dunia. Memiliki milyaran pengguna harian yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

Dimanfaatkan untuk sekadar menjalin pertemanan, berbagi aktivitas, hingga urusan bisnis dan belanja, serta mencari informasi terbaru. Maka, ketika Instagram tidak bisa dibuka, wajar jika kamu merasa gundah gulana.

Beruntungnya, kini sudah ada beragam cara yang bisa kamu praktikan untuk mengatasi Instagram yang eror tidak bisa dibuka. Mau tahu bagaimana caranya? Simak lalu ikuti salah satu langkah di bawah, ya.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Sering disebut IG atau Insta, Instagram sudah menyediakan layanannya sejak tahun 2012. Berkat usianya yang tua, kini kita bisa mudah menemukan tips atau tutorial untuk mengatasi kendala yang dihadapi pengguna ketika menggunakan media sosial ini.

Tak terkecuali kendala ketika akun Instagram milikmu tidak bisa dibuka. Nah, merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara memperbaiki Instagram yang tidak bisa dibuka. Langsung cek uraian di bawah, ya.

Cara memperbaiki Instagram yang tidak bisa dibuka (Zero Dollar Tips)
Cara memperbaiki Instagram yang tidak bisa dibuka (Zero Dollar Tips)

Periksa Server Instagram

Sebelum kamu mulai panik dan berpikiran buruk terkait HP atau aplikasi yang rusak, lebih baik cek dulu bagaimana status server Instagram. Tak jarang, penyebab aplikasi ini tidak bisa dibuka adalah akibat sever Instagram yang sedang down.

Cara mengeceknya juga cukup mudah, kok. Kamu cukup membuka website Down Detector. Kemudian, lihat status server dari platform Instagram.

Beruntungnya, website tools ini menyediakan informasi terbaru terkait status server dari berbagai media sosial. Mulai dari Facebook, WhatsApp, Twitter, hingga berbagai layanan Google. Jadi, langsung cek aja.

Perbarui Aplikasi Instagram

Apakah aplikasi Instagram yang kamu gunakan sering diperbarui? Jika tidak, bisa jadi aplikasi yang kurang up to date menjadi penyebab dari Instagram yang tidak bisa dibuka.

Memang, setiap pembaruan, biasanya membutuhkan data besar. Soalnya, pada pembaruan tersebut, pengembang biasanya menambahkan program terbaru.

Fungsi pembaruan aplikasi ini beragam. Ada yang digunakan untuk memperbaiki bug atau eror pada aplikasi, penambahan fitur baru, hingga peningkatan keamanan.

Maka dari itu, coba cek dulu deh versi aplikasi IG yang terpasang. Jangan-jangan versi yang lawas dan sudah tidak mendukung fitur-fitur terkini.

Sebagai tambahan, memperbarui aplikasi Instagram bukanlah perkara sulit. Pada HP Android, kamu bisa melakukannya lewat aplikasi Play Store. Setelah itu, ketikkan nama ‘Instagram’ pada kotak pencarian, lalu ketuk tombol Perbarui.

Sedangkan pada HP iPhone, kamu bisa memperbarui aplikasi lewat App Store. Langkah-langkahnya juga nggak jauh berbeda, kok. So, langsung perbarui dulu aplikasi, ya.

Cara mengatasi akun Instagram yang tidak bisa dibuka (Ilwnd)
Cara mengatasi akun Instagram yang tidak bisa dibuka (Ilwnd)

Hapus Data Cache Instagram

Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan yakni menghapus data cache aplikasi Instagram milikmu. Ya, ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi kendala tersebut.

Perlu diketahui, tumpukan file cache dalam jumlah besar bisa mengakibatkan aplikasi berjalan tidak normal. Soalnya aplikasi menjalankan data dalam jumlah besar sekaligus, sehingga mengakibatkan aplikasi berjalan lambat, kemudian berhenti total atau freeze.

Untuk menghapus data cache aplikasi Instagram juga nggak sulit kok. Cukup buka aplikasi Pengaturan. Selanjutnya usap layar ke atas lalu pilih menu Aplikasi. Ketuk menu tersebut, lalu usap layar hingga kamu menemukan aplikasi Instagram. Ketuk ikon aplikasi.

Setelah itu, pilih menu Memori atau Penyimpanan. Lalu akhiri dengan mengetuk tombol Hapus Memori  atau File Cache. Mudah, bukan?

Restart HP Android (Tenor Share)
Restart HP Android (Tenor Share)

Restart HP Android atau iPhone Milikmu

Coba deh diingat terlebih dulu, apakah saat aplikasi tidak bisa dibuka, kamu juga sedang membuka aplikasi lain? Lalu, apakah RAM HP milikmu kapasitasnya kecil? Misal 1GB atau 2GB. Selain itu, cek juga apakah penyimpanan internal pada perangkat masih tersisa banyak?

Pertanyaan-pertanyaan di atas penting kamu ingat. Dan jika salah satu pertanyaan di atas kamu jawab ‘YA’, ada satu solusi sederhana yang bisa mengatasi. Cukup restart HP Android yang kamu gunakan.

Melalui langkah ini, banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan menghentikan layanannya. Sehingga, saat perangkat memulai ulang, maka pemrosesan bisa berjalan lebih cepat. Akhirnya, aplikasi pun bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Untuk me-restart HP bukanlah perkara sulit. Pada HP Android, kamu cukup menekan dan tahan tombol Power atau Kunci Layar agak lama. Tahan hingga muncul menu baru di layar. Pilih menu Mulai Ulang perangkat agar proses restart pun bisa berjalan.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki akun Instagram yang tidak bisa dibuka. Jadi, jika kamu menghadapi kendala ini, langsung aja atasi dengan salah satu langkah dari tutorial di atas, ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *