Bose Rilis Alat Bantu Dengar, Terbukti Klinis Hasilkan Kualitas Audiologis – Sera-Tech

  • Share

Selama ini Bose dikenal sebagai salah satu produsen audio hiburan di kelas premium. Lewat kualitas dan konsistensi produk sejak 1964, membuat Bose mendapat pengakuan di seluruh dunia. Speaker, headset, earphone merupakan deretan produk yang bisa didapatkan oleh konsumen secara langsung. Harganya jelas tidak murah, sebanding dengan kualitas.

Namun kini, konsumen tidak hanya bisa mendapatkan produk audio untuk hiburan saja. Sebab Bose baru saja mengumumkan bahwa mereka secara resmi masuk ke pasar audio bagi tunarungu atau orang yang mengalami masalah pendengaran lewat earbud terbaru. Dengan demikian bertambah satu lagi lini produk dari perusahaan Amerika Serikat ini.

Tentu saja langkah memasuki pasar alat bantu dengar menjadi hal baru bagi Bose. Itulah sebabnya mereka memerlukan regulasi dari pihak berwenang agar konsumen yakin dengan produk yang dijual. Adalah FDA (Food and Drugs Administration) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS), yang akhirnya memberi stempel FDA-Cleared untuk produk audio milik Bose.

Untuk tahap awal, Bose akan menjual produk alat bantu dengar mulai tanggal 18 Mei di beberapa negara bagian AS saja. Di antaranya Massachusetts, Montana, North Carolina, South Carolina, dan Texas. Sementara negara bagian lain akan menyusul kemudian.

Baca juga: Fokus di Produk Audio Profesional, Sennheiser Jual Bisnis Audio €200 Juta ke Sonova

Alat Bantu Dengar Bose Dapat Dibeli Langsung Oleh Konsumen

bose
Bose earbud untuk alat bantu dengar ini dapat dibeli langsung oleh konsumen tanpa perlu ke dokter.

Regulasi FDA-cleared yang dimiliki produk Bose, memungkinkan mereka untuk menjualnya langsung kepada konsumen sekaligus pengguna. Sehingga pengguna tidak perlu lagi melakukan cek ke doktor, tes pendengaran, atau proses preskripsi terlebih dulu. Tentu saja hal itu akan sangat membantu konsumen yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan rangkaian proses tersebut.

Kenapa Bose dapat menjual alat bantu dengar secara langsung? Itu terjadi berkat teknologi yang disematkan pada tiap produk yang dijual. Pengguna hanya perlu mengakses Bose Hear app, melakukan fiting, dan mengatur sensor suara melalui SoundControl Hearing Aid yang telah lolos uji klinis. Lewat pengaturan volume serta treble and bass, maka suara pun dapat didengar langsung di telinga. Mudah.

“Bose Hear app memudahkan pengguna untuk set up dan konstumisasi SoundControl Hearing Aids dari rumah, kurang dari satu jam, untuk terkoneksi dan digunakan segera. Itu merupakan pencapaian luar biasa dalam industri yang telewat selama ini,” ujar Brian Maguire, Category Director of Bose Hear.

Harga alat bantu dengar dengan fitur pengaturan mandiri ini tentu saja tidak murah. Bose membanderolnya dengan harga US$ 849.95 atau sekitar Rp 10 juta. Nominal yang relatif “biasa” untuk produk dari Bose. Dan sebanding dengan fitur teknologi yang didapat, serta efisiensi waktu dan uang yang diperlukan jika harus ke dokter terlebih dulu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *